Thursday, August 2, 2012

Sentra lampu hias Bandung


SENTRA LAMPU HIAS JALAN BANCEUY, BANDUNG, JAWA BARAT

Sentra lampu hias Bandung: Banyak pilihannya (1)

Sentra lampu hias Bandung: Banyak pilihannya  (1)
Sejak tahun 1960-an, Jalan Banceuy, Kota Bandung menjadi sentra penjualan lampu hias. Di sepanjang ruas jalan ini terdapat sekitar 20 toko yang menjual hampir semua jenis lampu hias.

Setiap pembeli bisa memilih lampu hias sesuai dengan bentuk dan model yang diinginkan. Di antaranya ada lampu hias model gantung, lampu plafon, dan lampu tempel dinding. Lantaran produk yang ditawarkan lengkap, kawasan ini pun menjadi tempat favorit belanja lampu hias.

KONTAN sempat menyambangi sentra ini pada Sabtu (28/7). Setiap toko seperti berlomba memanjakan pengunjungnya dengan aneka lampu hias yang cantik dan menarik dilihat.

Lantaran menawarkan produk serupa, hampir tidak ada pembeda antara satu toko dengan yang lainnya. Satu-satunya pembeda hanyalah nama toko yang tertera di bagian depan toko.

Totong Kusnadi, pemilik toko lampu hias mengatakan, cikal bakal lampu hias di kawasan ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Namun, saat itu kebanyakan pedagang masih menjual lampu biasa.

Baru setelah memasuki tahun 1960-an kawasan ini dikenal sebagai pusat lampu hias. “Saya sendiri memulai usaha lampu hias pada tahun 1973,” ujar Totong.

Saat ini, Totong memiliki dua toko lampu hias di Jalan Banceuy. Satu toko dikelola sendiri dan satunya lagi dikelola oleh anaknya.

Di tokonya, ia menjual aneka lampu hias mulai dari model klasik hingga modern. Lampu hias itu dibanderol mulai Rp 300.000-Rp 5 juta per unit. Khusus lampu hias gantung kristal harganya berkisar mulai Rp 1,5 juta hingga lima juta.

Sebenarnya lampu hias kristal ukuran besar ada yang harganya sampai puluhan juta. Tapi, Totong hanya menjual yang harganya di kisaran Rp 5 juta. Soalnya, lampu kristal dengan harga puluhan juta jarang laku. “Perputaran lampu hias mahal agak lambat,” jelasnya.

Dalam sehari, Totong bisa menjual rata-rata tiga sampai lima buah lampu hias dengan omzet sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per hari. Margin keuntungan yang diperoleh sekitar 20% dari harga pembelian. “Dari 20% laba itulah kami membiayai karyawan dan operasional toko,” ujar Totong

Beda dengan Totong, An An Kurniawan, salah seorang pengelola toko lampu hias di sentra ini mengaku, tokonya menyediakan lampu kristal ukuran besar dengan harga puluhan juta.

Ia mengakui, peminat lampu kristal ukuran besar tidak banyak. Paling mahal, lampu kristal jumbo ini dibanderol Rp 45 juta. Dalam sehari, tokonya menjual tiga hingga lima lampu dengan harga mulai Rp 200.000. "Untuk ukuran jumbo paling hanya satu yang beli dalam dua minggu," ujarnya.

Henny Sulistio, salah seorang konsumen mengaku senang belanja di sentra ini karena pilihan produknya banyak. “Karena tokonya banyak, saya juga bisa bandingkan harga," ujarnya.

Sentra lampu hias Bandung: Banyak produk China (2)

Sentra lampu hias Bandung: Banyak produk China (2)

Beragam jenis lampu hias, mulai dari gaya klasik hingga bernuansa modern, bisa Anda temui di Jalan Banceuy, Bandung. Harga jual lampu yang sentra ini tawarkan juga bervariasi, dari yang paling murah Rp 200.000 hingga yang termahal seperti lampu kristal Rp 45 juta.

Nah, jika ditanya dari mana kebanyakan asal lampu hias yang dijajakan di Jalan Banceuy, para pedagang akan kompak menjawab: China. Totong Kusnadi, salah satu pedagang di sentra ini, mengatakan, produk Negeri Tembok Raksasa sudah mendominasi sejak tahun 2000-an. Padahal sebelumnya, pedagang lebih banyak menjual lampu hias buatan negara Eropa, seperti Italia, Spanyol, dan Austria.

Tapi, awal tahun 1990-an, produk-produk China mulai masuk ke sentra ini. Hingga akhirnya di tahun 2000-an, lampu hias dari China membanjiri Jalan Banceuy. Selain harganya lebih murah, Totong bilang, produk China juga memiliki kualitas yang baik, meskipun masih kalah dari Eropa. "Malahan Eropa saja impor lampu hias dari China," ungkap dia.

Membanjirnya produk China di sentra ini bukan semata karena keinginan pedagang. Namun, para distributor lampu asal China mendatangi Jalan Banceuy hampir saban hari untuk menawarkan produk.

Kurniawan, pedagang lampu hias di sentra ini, mengungkapkan, dalam sehari, bisa ada lima distributor yang menawarkan lampu hias dari China. Sebaliknya, agen yang menawarkan lampu hias asal Eropa nyaris tidak ada. Soalnya, harganya lebih mahal sehingga peminat nya sedikit. "Para distributor lampu hias China juga saling bersaing soal harga. Jadi, kami tinggal pilih yang harganya lebih murah saja," ujar Kurniawan.

Memang, harga tidak bisa bohong. Kurniawan mengakui, kualitas barang dari China agak berbeda dengan produk asal Eropa dan Timur Tengah. Sebagai contoh, lampu kristal buatan Eropa atau Timur Tengah lebih mudah dibersihkan. Meski berdebu, jika dibersihkan, kristalnya tetap berkilau. Adapun lampu kristal China, kalau sudah berdebu, susah dibersihkan. Sekalipun sudah dibersihkan, kristalnya tidak bisa berkilau lagi.

Selain dari China, sentra lampu hias di Jalan Banceuy juga kedatangan produk-produk lampu hias dari dalam negeri. Hendrik, pedagang lainnya di sentra ini, menjelaskan, ada lampu hias bikinan Semarang, Jawa Tengah. Tapi lagi-lagi, harga barang lokal masih kalah bersaing dengan produk China. Sebab, "Harganya lebih mahal," ujarnya.

Sentra lampu hias Bandung: Ramai pedagang baru (3)

Sentra lampu hias Bandung: Ramai pedagang baru (3)

Sentra penjualan lampu hias di Jalan Banceuy, Bandung terus kedatangan pemain baru. Alhasil, pasar lampu hias kini semakin terbagi-bagi ke banyak pedagang. Supaya penjualan tidak anjlok terlalu dalam, pedagang menyiasatinya dengan berbagai cara. Selain memangkas margin, ada yang menggenjot penjualan lewat internet.

Toko lampu hias di Jalan Banceuy, Bandung kian menjamur dalam beberapa tahun terakhir. Bila sebelumnya hanya ada sekitar 10 toko, kini di sepanjang jalan ini berderet lebih dari 20 toko lampu hias.

Sebagian besar pendatang baru tersebut masih memiliki hubungan keluarga dengan pemilik toko terdahulu. Misalnya, anak mereka yang memilih membuka usaha sendiri ketimbang meneruskan usaha orang tuanya.

Selain di Jalan Banceuy, toko penjual lampu hias juga banyak bermunculan di beberapa sudut kota Bandung lain. Bagi pedagang lama di Jalan Banceuy, masuknya pedagang baru itu menggerus pasar mereka.

Soalnya, pertumbuhan pedagang tidak sebanding dengan pertumbuhan pelanggan. "Sekarang jumlah pelanggan kami terus berkurang," kata Totong Kusnadi yang sudah berjualan di Jalan Banceuy sejak tahun 1973.

Totong mengaku, penurunan pelanggan mulai terasa sejak tahun 2000-an. Di tahun 1970-an hingga 1990-an, pelanggannya masih cukup banyak. Mereka berasal dari daerah Bandung, Sukabumi, Karawang, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, dan Cianjur.

Namun memasuki tahun 2000-an, jumlah pelanggannya terus menyusut. Supaya penjualan tidak anjlok terlalu dalam, ia pun menyiasatinya dengan menurunkan harga jual. Untuk itu, ia terpaksa memangkas margin.

Dengan begitu, diharapkan tetap banyak pembeli yang mau berbelanja di tokonya. "Kalau dulu saya bisa mendapatkan margin 30% dari omzet, saat ini paling banter 20% saja," keluhnya.

Totong mengaku, margin 20% itu terlalu kecil. Apalagi, biaya operasional toko, seperti gaji karyawan, listrik, telepon, dan transportasi terus naik. "Untungnya bangunan toko milik sendiri, kalau tidak harus bayar sewa di atas Rp 10 juta per bulan," katanya.

An An Kurniawan, salah seorang pengelola toko lampu hias di sentra ini juga merasakan penurunan jumlah pelanggan. Bila sebelumnya bisa menjual 10 lampu per hari, kini paling banyak hanya lima lampu.

Ia pun sependapat dengan Totong. "Menyusutnya penjualan disebabkan maraknya toko lampu hias di Bandung," ujarnya.

Dengan banyaknya toko lampu hias, kini pasar pun semakin terbagi-bagi. Banyak konsumen cenderung mencari toko lampu hias di lokasi yang terdekat dengan rumahnya.

Hendrik pedagang lainnya menambahkan, supaya eksis setiap pedagang tetap harus menggenjot penjualan. Untuk itu, ia pun mulai menawarkan lampu hias lewat media online dengan harga yang terjangkau konsumen.

Ia mengaku, penjualan lewat internet itu lumayan membantu kinerja tokonya. Banyak konsumen yang akhirnya belanja dan menjadi pelanggan tokonya. "Sekarang ini kalau cuma menunggu saja di toko pasti akan susah mendapatkan pelanggan," jelasnya.

(Selesai)
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sentra-lampu-hias-bandung-banyak-pilihannya-1/2012/07/31
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sentra-lampu-hias-bandung-banyak-produk-china-2/2012/08/01
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sentra-lampu-hias-bandung-ramai-pedagang-baru-3

6 comments:

  1. jual kap lampu gantung dan lampu meja nggak?

    ReplyDelete
  2. Tiang Antik,Tiang Lampu Antik,Tiang Lampu Taman Antik,Tiang Pju/Antik,Tiang Cctv,Lampu Jalan Antik,
    Tiang Lampu Pju,Lampu Hias Antik,Lampu Taman,Lampu Taman Klasik,Lampu Taman Minimalis,Tiang Pln,
    Tiang Solar Cell,COR Alumunium Casting,Decoratif,Tiang Penangkal Petir

    Kami juga menerima order Tiang Lampu Jalan ataupun Lampu Taman sesuai dengan kebutuhan/keinginan konsumen.
    Untuk konsultasi ataupun pemesanan,silakan hubungi kami.

    CV Agung Bersama Indonesia
    Lighting & Metal Casting
    Marketing : Zhorendi

    Office& Workshop :
    Jl.KH.Ahmad Dahlan No.58 B Rt.01/01
    Gondrong Petir.Cipondoh-Tangerang Banten 15147

    Mobile : 081382368028 / 085693829326
    Telp : 021-55703219 / 021-55703186
    Fax : 021-55703186.
    Email : selesagungbersama@gmail.com / rendizho@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. Tiang Antik,Tiang Lampu Antik,Tiang Lampu Taman Antik,Tiang Pju/Antik,Tiang Cctv,Lampu Jalan Antik,
    Tiang Lampu Pju,Lampu Hias Antik,Lampu Taman,Lampu Taman Klasik,Lampu Taman Minimalis,Tiang Pln,
    Tiang Solar Cell,COR Alumunium Casting,Decoratif,Tiang Penangkal Petir

    Kami juga menerima order Tiang Lampu Jalan ataupun Lampu Taman sesuai dengan kebutuhan/keinginan konsumen.
    Untuk konsultasi ataupun pemesanan,silakan hubungi kami.

    CV Agung Bersama Indonesia
    Lighting & Metal Casting
    Marketing : Zhorendi

    Office& Workshop :
    Jl.KH.Ahmad Dahlan No.58 B Rt.01/01
    Gondrong Petir.Cipondoh-Tangerang Banten 15147

    Mobile : 081382368028 / 085693829326
    Telp : 021-55703219 / 021-55703186
    Fax : 021-55703186.
    Email : selesagungbersama@gmail.com / rendizho@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. Yang membutuhkan sofa santai dan kursinya...

    Kami pengrajin furniture rattan synthetic interior,exterior rumah,cafe,restoran dan hotel.

    Pelengkap kebutuhan furniture dan rotan sintetis.
    produk kami berkualitas yg modern dan dinamis untuk memenuhi kebutuhan rumah,cafe,restoran dan hotel.
    suplay ke seluruh indonesia,luar provinsi ongkir d luar harga pricelist.

    Harga khusus untuk grosir/toko

    info produk :

    wa 081222282776
    pin bb 7D0F4109
    IG : @adha_Jaya_Furniture

    adhajayafurniture.com
    adhajayafurniture.simdif.com

    ReplyDelete
  5. Yang membutuhkan sofa santai dan kursinya...

    Kami pengrajin furniture rattan synthetic interior,exterior rumah,cafe,restoran dan hotel.

    Pelengkap kebutuhan furniture dan rotan sintetis.
    produk kami berkualitas yg modern dan dinamis untuk memenuhi kebutuhan rumah,cafe,restoran dan hotel.
    suplay ke seluruh indonesia,luar provinsi ongkir d luar harga pricelist.

    Harga khusus untuk grosir/toko

    info produk :

    wa 081222282776
    pin bb 7D0F4109
    IG : @adha_Jaya_Furniture

    adhajayafurniture.com
    adhajayafurniture.simdif.com

    ReplyDelete
  6. Ada yang tau,,kalau mau jual lampu kristal dimana ya..??

    ReplyDelete