Friday, August 3, 2012

6 Nilai yang Terkandung dalam Sebuah Merek

Hits : 149 PDF Cetak E-mail
Jumat, 03 Agustus 2012 14:52
merek08
Brand atau merek lebih dari sekadar jaminan kualitas tertinggi, karena di dalamnya tercakup pengertian berikut ini:

1. Atribut produk,
seperti halnya mengenai kuaitas, gengsi, nilai jual kembali, desain, dan lain-lain. Mercedes menyatakan sesuatu yang mahal, produk yang dibuat dengan baik, terancang baik, tahan lama, pastinya bergengsi tinggi, dan sebagainya.

2. Manfaat, meskipun suatu brand atau merek membawa sejumlah atribut konsumen sebenarnya membeli manfaat dari produk tersebut. Dalam hal ini atribut merek diperlukan untuk diterjemahkan menjadi manfaat yang fungsional atau manfaat emosionalnya. Sebagai gambaran, atribut digambarkan sebagai objek yang "mahal", maka cenderung diterjemahkannya sebagai manfaat emosional, sehingga orang yang mengendarai Mercedes akan menganggap dirinya sendiri sebagai orang penting dan perlu dihargai.

3. Nilai,
merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai produsen. Mercedes menyatakan produk yang berkinerja tinggi, aman, bergengsi, dan sebagainya. Dengan demikian produsen Mercedes juga mendapat nilai yang tinggi di mata masyarakat banyak.

4. Budaya, merek menggambarkankan pada budaya tertentu. Mercedes mencerminkan budaya Jerman yang terorganisir, konsisten, tingkat keseriusannya tinggi, efisien, dan berkualitas tinggi.

5. Kepribadian,
merek mencerminkan kepribadian tertentu. Sering kali produk tertentu menggunakan kepribadian orang yang terkenal untuk mendongkrak atau menopang merek produk-produknya.

6. Pemakai, merek menunjukkan jenis konsumen yang membeli atau menggunakan produk tersebut. Pemakai merek Mercedes pada umumnya diasosiasikan dengan orang kaya, kalangan manager puncak, dan sebagainya. Pemakai Dimension Kiddies tentunya dari kalangan anak-anak.

Jadi, merek sendiri adalah nama, terminologi, tanda, simbol, desain atau kombinasi kelompok diantaranya, yang ditujukan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari suatu penjual atau kelompok penjual, dan untuk membedakannya dari pesaing. Beberapa bagian merek antara lain adalah nama merek, tanda merek, merek dagang, dan hak cipta.

Nama merek adalah bagian dari merek, di mana bagian dari merek yang dapat disebutkan atau dieja dengan lantang. Tanda merek adalah bagian dari merek yang tidak dapat dieja atau disebutkan, seperti simbol, desain, warna, atau huruf yang berbeda. Merek dagang adalah merek atau bagian merek yang diberikan untuk melindungi secara hukum yaitu melindungi penjual untuk menggunakan hak eksklusif untuk menggunakan nama atau tanda merek. Sedangkan hak cipta adalah hak hukum eksklusif yang diberikan untuk menggandakan, mempublikasikan, dan menjual segala sesuatu yang berbentuk buku, musik, karya artistik, seni dan lain sebagainya. (*DI)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/19069-6-nilai-yang-terkandung-dalam-sebuah-merek.html

No comments:

Post a Comment