Tuesday, August 21, 2012

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Lakukan Ekspansi

Hits : 222 PDF Cetak E-mail
Senin, 20 Agustus 2012 07:56
ekspansi_bisnis0412
Saat bisnis telah berkembang, pelaku bisnis layak untuk memikirkan ekspansi. Selain memperluas jaringan, ekspansi bisnis juga diperlukan untuk efisiensi serta menambah profit usaha. Tapi terkadang, ekspansi bisnis justru mengantarkan pelaku bisnis pada jurang kehancuran. Nah, agar Anda tak mengalami hal tersebut, simaklah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk ekspansi bisnis:

Buat perencanaan

Membuat perencanaan apapun dalam dunia bisnis adalah hal yang sudah sewajarnya dilakukan. Termasuk ketika ingin ekspansi. Tapi dalam kenyataannya banyak pelaku bisnis yang tak melakukannya. Hanya dengan modal spekulasi, mereka berani mengambil keputusan untuk berekspansi dan itu adalah kesalahan besar.

Sebagai panduan membuat planning, tanyakan beberapa pertanyaan pada diri Anda sendiri seperti :
1. Apa permintaan riil bagi produk (barang atau jasa) Anda saat ini?
2. Apa permintaan proyeksi bagi produk (barang atau jasa) tersebut dalam jangka waktu 2 hingga 5 tahun ke depan?
3. Seberapa besar pertumbuhan yang Anda butuhkan untuk memenuhi permintaan tersebut?
4. Bagaimana aktivitas kompetitor bisa mengubah bisnis Anda dalam 2 sampai 5 tahun ke depan?
5. Apa rencana cadangan Anda dalam menanggapi permintaan yang tidak seperti biasanya?
6. Berapa banyak penambahan pegawai yang Anda butuhkan dan kapan waktu yang tepat untuk mempekerjakan mereka?
7. Apa cara terbaik untuk ekspansi yang tidak mengganggu cash flow?
8. Di mana batas kapasitas ekspansi yang dapat menekan biaya?

Jangan berlebihan

Ekspansi memang akan mengantarkan bisnis Anda memasuki level yang lebih tinggi. Tapi sebaiknya jangan berlebihan dalam membuat perencanaannya. Gunakan logika dalam merancang perencanaan ekspansi dibanding ambisi, itu akan membantu Anda mencapai tujuan yang sebenarnya. Idealnya, perencanaan ekspansi dibuat dengan proyeksi bisnis untuk lima tahun ke depan. Pikirkan pula segala macam risiko yang kemungkinan terjadi ketika proses ekspansi itu berlangsung.

Saran dari profesional

Walau ekspansi bisnis Anda berjalan secara natural dan dianggap sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun secara sistematis, namun saran dari ahli tetap penting. Karena erat kaitannya dengan finansial maka Anda sebaiknya meminta saran dari pihak yang ahli di bidang finansial.

Rancang jadwal manajemen proyek ekspansi

Ketika merancang jadwal manajemen proyek perhatikan beberapa hal berikut :
1. Identifikasikan proyek
2. Cantumkan tanggal atau membuat timeline
3. Jabarkan tanggung jawab
4. Rancang jadwal tinjauan reguler
5. Rinci prosedur pengaturan proyek
6. Rancang finansial dan timing tak terduga

Informasikan konsumen

Ekspansi tentu akan menyita waktu serta perhatian Anda jadi kemungkinan turut pula memengaruhi operasional bisnis sehari-hari. Karena itu, konsumen harus mengetahui apa yang sedang Anda lakukan. Paparkan rencana ekspansi Anda dan waktu pencapaiannya. Bila memungkinkan sampaikan juga gangguan-gangguan yang bisa saja terjadi yang memengaruhi pelayanan konsumen ketika proses ekspansi itu sedang berlangsung.

Jangan lupa untuk memberi tahu konsumen manfaat yang bisa mereka peroleh dengan keputusan ekspansi yang Anda pilih serta jelaskan juga bagaimana ekspansi itu bisa memengaruhi mereka. Yakinkan selalu bahwa apa yang sedang Anda lakukan semata-mata demi kepuasan konsumen.

Umumkan ekspansi yang telah Anda lakukan

Ketika ekspansi telah berhasil Anda capai, umumkan kepada konsumen dan media massa. Beri tahu mereka prestasi bisnis serta peningkatan yang telah Anda raih serta informasikan juga keunggulan ekspansi dan apa efeknya bagi konsumen. (*/dari berbagai sumber)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/19298-perhatikan-hal-berikut-sebelum-lakukan-ekspansi.html

No comments:

Post a Comment