Thursday, August 9, 2012

Tips Memulai Bisnis bagi Siswa Sekolah

Hits : 791 PDF Cetak E-mail
Rabu, 08 Agustus 2012 09:42
Menjadi wirausaha yang sangat sukses merupakan impian dari setiap orang. Karena dengan menjadi wirausaha sukses, kita akan mengenal begitu banyak kendala yang akan terjadi, dan pastinya kita akan merasakan hasil nikmat serta kebahagiaan dari usaha yang dijalankan.
Maka dari itu dalam melakukan wirausaha perlu memikirkan hal-hal yang pokok dalam menanganinya. Khususnya bagi para siswa sekolah yang ingin merintis usaha sejak dini.
Berikut ini adalah tips bagi para siswa sekolah yang akan melakukan wirausaha :
1. Miliki mimpi sederhana!
Bermimpilah jadi pengusaha sukses, punya uang banyak, bisa liburan ke luar negeri dan tempat-tempat eksoktis, atau tak perlu memikirkan pekerjaan lagi karena sudah punya banyak uang. Lalu bayangkan, dari mana uang itu bisa mengalir ke rekening Anda, atau dari usaha apa agar bisa sukses. Apakah akan jadi pengusaha restoran, garmen, atau lainnya? Bayangkan secara jelas, dan sedetail mungkin. Semua kesuksesan berdasar dari mimpi. Jadi, jangan takut berkhayal atau bermimpi.Dan meskipun impian Anda tampak sederhana atau 'dangkal' bagi sebagian orang, tak mengapa! Karena visi dan misi berbisnis bisa berubah seiring dengan perkembangan kualitas individu yang bersangkutan. Semakin berpengalaman, umumnya akan semakin filosofis.
2. Obsesi dan hobi
Apa, sih, hobi Anda? Memasak, menjahit, atau mengajar? Nah, Anda harus bisa menjalankannya dengan hati. Jadi, yang Anda lakukan memiliki jiwa, nyawa, dan nilai. Semua yang dilakukan dengan hati, pasti akan lebih lancar dijalankan.
3. Peroleh dukungan dan ijin orang tua/ wali
Sebagai seorang siswa, tentu Anda memiliki orang tua atau wali yang masih menanggung kehidupan Anda hingga dewasa. Saat Anda mengantongi ijin dari orang yang lebih dewasa, kemungkinan mereka akan bisa membantu Anda merancang bisnis Anda kelak. Lalu bagaimana jika tidak didapatkan persetujuan? Jangan gentar. Tunjukkan bahwa Anda bisa menjalankan usaha tanpa harus menganggu prestasi di sekolah. pe
4. Lihat kenyataan
Setelah berkhayal, kembalilah ke realita. Kepala boleh di langit, tetapi kaki harus tetap menjejak bumi. Mulailah dari yang Anda punya, dan jangan membandingkan dengan milik orang lain. Jika mampu memasak dan hasilnya disenangi orang rumah, Anda berbakat membuka katering. Atau, sabar melatih anak, mampu dan terlatih mencarikan solusi bagi anak-anak yang kurang fokus belajar? Jadilah guru les dan pembimbing.
5. Buat rencana bertahap
Mulailah membuat rencana bertahap. Buatlah kondisi dari nol dengan satu syarat, selalu melihat ke depan. Misalnya, tak punya uang tapi punya modal kemampuan untuk buka kursus salon. Jika punya uang Rp 500 ribu dan pintar masak, apa yang akan dilakukan agar bisa menghasilkan lebih. Lakukan bertahap, perlahan, sesuai kemampuan. Jika dilakukan dengan benar, lambat laun keuntungan akan mengikuti Anda.
6. Buat anggaran
Jika usaha sudah berjalan, buat anggaran pengeluaran dan pemasukan dengan rapi. Pisahkan antara pemasukan dan pengeluaran dari gaji suami atau istri untuk biaya sehari-hari, dengan hasil usaha. Sebaiknya, uang dipecah ke dalam dua rekening bank, dan jangan masuk ke dompet, agar tidak boros dan mudah melihat laba yang didapat.
7. Buat jadwal kegiatan akademis dan bisnis yang terpisah
Tantangan paling nyata yang harus dihadapi siswa yang merintis bisnis ialah bagaimana mengelola waktu agar tetap bisa berprestasi sembari mulai berbisnis. Banyak yang mencoba mencampuradukkan keduanya, tetapi yang didapat justru malah kegagalan. Belajarlah menerapkan fokus. Saat Anda berada di sekolah, fokus pada apa yang harus Anda pelajari. Dan saat di luar sekolah, Anda bisa menghabiskan waktu tersendiri untuk memikirkan bisnis.
Jika tak membuat anggaran dan hanya tambal sulam, Anda tak akan bisa melihat laba yang diraih. Yang ada, Anda justru tidak tahu apakah usahanya sukses atau gagal. Dengan membuat anggaran yang tepat, kesalahan yang muncul akan bisa dicari penyebabnya, dan dapat segera diperbaiki. (*DI)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/47-memulai-bisnis/19190-tips-memulai-bisnis-bagi-siswa-sekolah.html

No comments:

Post a Comment