Tuesday, August 28, 2012

Cara Mudah Membuat Rencana Bisnis

Hits : 369 PDF Cetak E-mail
Senin, 27 Agustus 2012 14:50
bisnis_planning
Bagi seorang pebisnis kawakan mungkin akan mudah dalam menyusun rencana atau agenda dalam memajukan suatu bisnis. Tetapi bagi pebisnis pemula, hal ini mungkin merupakan hal yang sulit. Tentunya, diperlukan langkah-langkah khusus agar menulis rencana bisnis menjadi lebih mudah. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar dapat membuat rencana bisnis dengan mudah:

1. Tuliskan apa yang dapat dijadikan peluang usaha.
2. Ambillah 3 peluang usaha yang paling Anda sukai, tentunya yang paling dekat dengan kemampuan skill Anda.
3. Tentukan peluang bisnis yang paling mungkin Anda kerjakan dalam waktu dekat.
4. Bila Anda sudah menemukan peluang bisnis tersebut, maka Anda bisa memulainya segera mungkin. Lakukanlah dengan langkah kecil dahulu tetapi harus cermat supaya tidak mengalami kegagalan.
5. Susunlah strategi pemasarannya, sebab tanpa hal itu bisnis tidak akan mudah berkembang.
6. Berbisnislah sesuai dengan kemampuan modal yang ada. Catat semua cash flow dalam usaha Anda, kapan bisa balik modal dan kapan dapat meraup keuntungan.
7. Tulislah dalam suatu rencana, berapa uang yang harus Anda simpan untuk memajukan bisnis. Misalnya untuk sewa tempat, pemasaran, untuk mendatangkan bahan mentah, dan sebagainya.
8. Susunlah rencana yang kreatif dan inovatif dalam memajukan bisnis Anda.
9. Buatlah penelitian kecil tentang kelemahan dan kelebihan kompetitor (pesaing). Kelemahan kompetitor bisa dijadikan keunggulan dalam berbisnis. Misalnya, kompetitor Anda tidak melaksanakan pembayaran melalui kredit, namun Anda bisa menerima pembayaran dengan kredit.
10. Catatlah segala kegagalan yang pernah terjadi. Ambil dan jadikan suatu pelajaran. Agar kegagalan yang terjadi tidak akan pernah terulang kembali. (*DI)

Sumber: Kumpulan Artikel Strategi Bisnis, Muhammad Yusuf

http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/19546-belajar-membuat-rencana-bisnis.html

No comments:

Post a Comment