Saturday, August 11, 2012

Berapa Sering Anda Mesti Kirim Email Marketing untuk Pelanggan?


Hits : 488 PDF Cetak E-mail
Jumat, 10 Agustus 2012 14:38
Dengan semua media baru, email  terdengar seperti peninggalan dari masa lalu. Namun, email terus menjadi salah satu alat yang paling efektif untuk melibatkan pelanggan dan mendorong penjualan. Perusahaan di semua bidang industri dan segala ukuran menggunakan medium ini untuk mengirimkan newsletter informatif, memulai promosi dan menarik pelanggan baru untuk tetap terhubung dengan merek.

Pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana menemukan keseimbangan tersebut? Berapa email yang sebaiknya dikirimkan pada konsumen? Meski tak ada jawaban yang pasti, Anda bisa menemukan jawaban dengan melakukan eksperimen sendiri. Anda bisa mencoba mengirim sekali sebulan, sekali dalam dua minggu, sekali seminggu, dan seminggu dua kali. Jika produk yang Anda tawarkan memiliki sifat konstan, frekuensi sebulan sekali mungkin lebih sesuai. Dwi mingguan lebih tepat untuk update informasi dan konten menarik dari perusahaan pakaian, aksesoris, dan gadget. Namun jika frekuensinya tak konsisten bisa dianggap spam. Frekuensi sekali seminggu banyak dipilih perusahaan besar. Biasanya hari Kamis menjadi pilihan karena mereka bisa mempertimbangkan selama sehari dan berbelanja di akhir minggu. Frekuensi seminggu dua kali tepat untuk perusahaan yang produknya terus berubah dinamis. Hari Selasa dan Kamis banyak dipilih sebagai waktu pengiriman newsletter.

Namun sebelum benar-benar melakukan email marketing, ada baiknya Anda perhatikan poin-poin berikut ini:
Dapatkan persetujuan pemilik email
Ini penting. Dengan mendapatkan persetujuan langsung dari mereka, Anda akan memastikan upaya Anda tidak sia-sia karena mereka berpeluang lebih tinggi membacanya. Anda bisa beritahukan frekuensinya dan berikan kuesioner mengenai informasi penting minat mereka.

Konten email harus menarik
Pastikan konten email Anda menarik bagi pelanggan. Hindari untuk terlalu berpromosi atau menyesatkan. Jangan mengandalkan gambar terlalu banyak karena bisa saja diblokir.

Pilih waktu kirim yang tepat
Pilih hari dan jam pengiriman email yang tepat. Ketahui dengan melakukan eksperimen.

Cari cara untuk membuat email terkesan pribadi
Sapalah mereka dengan nama mereka yang diisikan di formulir kesediaan berlangganan email. Tanyakan apa yang mereka cari dan usahakan untuk menyuguhkan konten yang cocok dengan minat mereka. (*AP)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/19264-berapa-sering-anda-mesti-kirim-email-marketing-untuk-pelanggan.html

No comments:

Post a Comment