Thursday, August 2, 2012

Budidaya Lele Bisa Jadi Pilihan

Hits : 259 PDF Cetak E-mail
Kamis, 02 Agustus 2012 10:41
lele0812Budidaya sektor perikanan air tawar cukup menarik untuk dijadikan usaha sehingga bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan Anda. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah lele. Ikan air tawar ini banyak diminati konsumen karena rasa dagingnya yang enak.

Mario, salah satu pengusaha Lele di Bogor menyatakan, ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan dalam membudidayakan lele. Langkah pertama yang harus diingat adalah persoalan pembenihan.

Mario mengungkapkan, sebelum memulai usaha ini pastikan benih yang diproduksi ada pembelinya. Selanjutnya, Anda harus mencari indukan lele dari jenis yang unggul baik dalam hal kualitas maupun kantitas. Langkah ini penting untuk memperoleh hasil yang maksimal.

"Indukan jantan harus lebih tua usianya minimal 1 minggu dari induk betina," tutur Mario.

Agar budidaya lele Anda berhasil, Mario mengungkapkan, diperlukan penguasaan tehnik pemijahan yang baik dan benar. "Kuasai tehnik perawatan indukan agar induk selalu siap memijah sesuai dengan kebiasaan di alamnya," kata dia.

Untuk benih, Mario menuturkan, Anda bisa memperoleh cacing sutera sebagai pakan awal benih. Apabila mengalami kesulitan memperoleh cacing sutera dapat disiasati dengan menggunakan Fengli-0- yg diseduh dengan air hangat kemudian dibentuk bulat-bulat sebesar kelereng.

Langkah berikutnya adalah pembesaran lele. Usaha pembesaran lele sebaiknya dimulai dari lele ukuran 9-12 centimeter (cm) karena akan lebih cepat dipanen.

Ciri-ciri lele ukuran 9-12 cm yang cepat besar memiliki kepala dan perut yang besar sehingga terlihat buntet. Sedangkan ciri-ciri lele yang lambat pertumbuhannya akan terlihat ramping.

Disarankan usaha pembesaran memiliki indukan sendiri minimal 1 set (8 jantan + 8 betina) agar dapat diketahui benih yg berkualitas. "Dengan kriteria ini kata Mario, lele dapat dipanen dalam waktu 100-120 hari," kata Mario.

Untuk benih, beri pakan yang harganya murah, namun baik kualitasnya. Pakan tambahan seperti tumbuhan Azolla sangat diperlukan karena dapat membantu pertumbuhan benih, mengurangi biaya pakan dan meningkatkan keuntungan. (Dim)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-mikro/19023-budidaya-lele-bisa-jadi-pilihan.html

No comments:

Post a Comment