Thursday, August 2, 2012

Mendidik Anak Bijaksana Soal Uang

Hits : 170 PDF Cetak E-mail
Kamis, 02 Agustus 2012 14:06
anak_uang0812
Mendidik anak soal uang harus sejak dini. Agar ia bisa mengatur keuangannya sendiri nanti. Selain itu membantu Anda agar tidak dipusingkan oleh rengekan si kecil yang selalu menuntut.

Pelajaran 1: Jangan bayar anak buat pekerjaan rumah

Anak-anak tidak harus dibayar untuk tugas-tugas rutin seperti merapikan tempat tidur atau mencuci piring. Tugas itu harus merupakan kontribusi anak kepada rumah dan bagian dari pendidikan kemandirian anak. Tapi Anda bisa membayar mereka buat pekerjaan ekstra seperti mencuci mobil atau menyapu halaman depan. Tunjukkan nilai kerja keras. Uang harus diperoleh, tidak diharapkan.

Pelajaran 2: Terapkan sistem reward bukan uang

Anak-anak yang lebih kecil biasanya akan lebih tertarik dengan sistem token atau poin ketimbang uang. Anda bisa menerapkan pendidikan uang seperti sedang bermain game. Caranya beri ia token atau catat poin untuk setiap pekerjaan di sekitar rumah.Di akhir minggu mereka bisa menguangkan poinnya atau menukarnya dengan hadiah. Misalnya waktu ekstra satu jam buat bermain video games, komputer atau bahkan main video games di arcade centre seperti Time Zone. cek Pinterest untuk ide-ide grafik tugas. Untuk anak-anak tech savvy, download aplikasi tugas manajemen di mana Anda dapat menetapkan tugas-tugas dan melacak kemajuan.

Pelajaran 3: Menabung buat beli barang

Mainan jaman sekarang sangat beragam dan banyak yang harganya juga mahal. Nah, jika anak menginginkan sebuah mainan yang canggih dan harganya mahal, katakan padanya buat menabung uang jajannya, poinnya atau uang ekstra yang dia dapat dari mencuci mobil tiap minggu dengan mainan yang ia inginkan.

Pelajaran 4: Menjual barang bekas

Minta anak-anak untuk membersihkan kamar mereka dan mengumpulkan semua pakaian yang sudah kekecilan, mainan yang tidak diinginkan dan alat elektronik yang tak terpakai. Koran bekas juga boleh. Kemudian bawa mereka ke pembeli barang-barang bekas.

Pelajaran 5: Ajarkan sistem meminjam

Buat anak yang lebih besar, jangan takut untuk meminjamkan anak Anda jika ingin membeli sesuatu seperti tiket konser. Jangan lupa tentukan pola pembayarannya dan pastikan ia membayar sesuai dengan tanggal kesepakatan. Kenakan denda jika ia terlambat. Cara ini akan mengajarkan anak konsep meminjam dan kredit. Dengan begitu ia paham benar dengan kewajiban membayar tagihan tepat waktu dan konsukuensi jika tidak membayar. (*/Kompas.com)

http://ciputraentrepreneurship.com/edukasi/19037-mendidik-anak-bijaksana-soal-uang.html

No comments:

Post a Comment