Wednesday, August 15, 2012

Proses Desain Awal dalam Membangun Coffee Shop

Hits : 224 PDF Cetak E-mail
Rabu, 15 Agustus 2012 14:18
coffeeshop
Salah satu bagian dalam proses membangun bisnis coffee shop adalah dengan cara mendesainnya. Proses desain itu merupakawan awal dari perwujudan bisnis Anda, dari bagaimana coffee shop akan terlihat dari dalam maupun luar, hingga menu apa yang Anda tawarkan.

Seluruh aspek desain ini perlu Anda jabarkan di atas kartas, sehingga perencanaan Anda dapat ditangkap dengan jelas oleh investor dan kontraktor yang akan membangunnya. Apa saja yang perlu mempertingkan untuk medesain sebuah coffee shop. Untuk itu penulis dan kontributor Blue Review dan Writer Journal Carl House akan memberikan tips yang sangat mantap dalam mendesain sebuah coffee shop.

1. Memilih lokasi yang tepat dalam mendirikan coffee shop yang akan didirikan. Jika Anda tidak dapat langsung memilih suatu lokasinya, setidaknya gambarkan tipe lokasi yang akan Anda cari. Lokasi memang merupakan faktor yang terpenting, karena berhubungan dengan cara Anda mendesain eksterior dari coffee shop tersebut. Jika Anda tidak memiliki gambar lokasi yang seutuhnya, maka Anda perlu mencari beberapa ide tentang dimana letak toko yang Anda inginkan.

2. Pertimbangkan warna dan elemen dekoratif yang meningkatkan suasana coffee shop. Misalnya, bagaimana dinding interior maupun eksterior dari toko Anda dicat dengan warna-warni kopi, dan di dekorasi dengan lukisan-lukisan tangan bertema kompi. Cangkir kopi, sekantung kopi dengan biji kopi yang tumpah, serta mesin penggiling kopi, itu semua adalah ide-ide desain yang baik.

Selain itu di dalam ruang interior Anda harus menambahkan dekorasi ruangan dengan barang-barang yang mempunyai tema-tema kopi. Dan tak luput menambahkan desain atau karya Anda sendiri dalam menghias coffee shop yang akan anda kelola nantinya.

3. Buatlah sketsa untuk berbagai desain sebanyak yang Anda bisa, dengan desain penampilannya untuk dalam maupun luar bangunan coffee shop. Semakin baik Anda bisa menjabarkan sketsanya, semakin efektif sketsatersebut bagi kontraktor untuk melaksanakan pekerjaan kontruksinya.Jika Anda tidak memiliki pengetahuan artistik sama sekali untuk memindahkan desain Anda ke sebuah kertas, Anda perlu mempekerjakan seseorang untuk mengerjakan sketsa tersebut. Dari sisi gambaran desain plan ini akan membantu Anda mendapatkan apa yang di inginkan selama tahap pembangunannya.

Anda juga perlu memperhatikan desain layout lantainya. Dengan memperhatikan layout lantainya, maka pengunjung dapat berjalan dengan nyaman tanpa menabrak meja pengunjung yang lainnya.

Pertimbangkan pula furniture yang Anda akan gunakan. Dalam sebuah furniture coffee shop, yang pastinya Anda membutuhkan meja, kursi dan sudut-sudut yang nyaman bagi pengunjung untuk kumpul santai sambil menikmati sajian hangat kopi. Untuk stools dan meja-meja, beberapa sofa kecil, dan area untuk pengunjung yang membawa laptop dan koneksi yang diberikan secara bebas adalah beberapa elemen desain yang praktis dalam membuat nyaman kepada pelanggan yang suka hangatnya secangkir kopi.

4. Dalam membuat desain menu, haruslah memikirkan apa keinginan para pecinta kopi. Karena Anda mendesain coffee shop dari awal, tentu Anda harus mempertimbangkan item-item lain yang membantu kesuksesan dan kelancaran coffee shop Anda kelak. Selain kopi segar dan hangat yang baru di masak, pastry, sandwich,dan cake menjadi tambahan keuntungan pada menunya.

Untuk menemukan daftar menu yang disajikan di sebuah kertas dan menemukan supllier yang cocok adalah bagian dari proses desai yang bisa menghemat waktu dan uang Anda. (*DI)

Sumber: Kompas.com

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/19383-proses-desain-awal-dalam-membangun-coffee-shop.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment