Tuesday, August 7, 2012

Jangan Cepat Menyerah dalam Berbisnis

Hits : 314 PDF Cetak E-mail
Selasa, 07 Agustus 2012 16:01
Banyak orang yang mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis atau usaha. Namun, banyak juga  yang beruntung dan sukses dalam menjalani bisnisnya. Sebenarnya, dalam menjalankan usaha tidak ada orang yang benar-benar gagal, karena suatu kegagalan merupakan proses menuju hal yang lebih baik.

Jadi di saat seseorang akan memulai usaha, akan banyak kejutan yang terjadi dan datang secara bertubi. Bahkan sejak hari-hari pertama memulai perjalanan bisnis.

Segala sesuatunya harus disiapkan dengan cara yang matang. Saat hari pertama “pintu usaha” dibuka, yang terbayang pasti bakal ramai akan pengunjung. Uang datang tidak mengenal kata terputus, ibarat kata indahnya uang itu akan terus mengalir dan mengalir. Pengunjung akan beramai-ramai datang secara bersamaan di depan toko kita. Bunyi telepon berdering terus-menerus seakan-akan banyak pelanggan yang tertarik pada produk Anda. Lalu setelah itu Anda pastinya akan memperoleh jadwal kesibukan secara terus-menerus.

Tetapi apa yang terjadi? Semua bayangan itu hanya mimpi di siang bolong. Dalam waktu seharian itu tidak ada pelanggan yang datang. Telepon juga tidak berdering. Intinya, membuat semangat Anda menjadi lemah kembali. Pikiran dan raga Anda pun mulai lemas untuk memikirkan hal itu.

Hari kedua Anda lalui. Masih sama persis. Hari berikutnya ada mungkin satu pelanggan yang ingin tahu produk Anda, tapi tetap sepi. Maka hati-hatilah, biasanya semangat kita mulai kendor. Bayang-bayang kegagalan mulai menguat di dalam pikiran. Energi Anda untuk bergerak mulai tergoyahkan. Rasa takut gagal mulai tumbuh di dalam diri Anda. Nah, dalam situasi seperti itu, apa yang akan Anda lakukan?

Dalam pengamatan banyak hal, ternyata cukup banyak orang, terutama yang baru-baru mulai berbisnis, mengambil kesimpulan bahwa usahanya telah gagal. Lalu segera saja membuat keputusan: bubar!

Apakah benar Anda gagal? Apa sih sebenarnya gagal? Anda belum gagal. Yang Anda lakukan hanyalah berhenti terlalu dini! Terlalu cepat membuat kesimpulan dengan hanya mengandalkan data yang belum memadai.

Sebetulnya tidak ada orang yang benar-benar gagal, yang ada hanyalah orang yang terlalu cepat berhenti, sebelum sampai ke puncak harapan sukses yang dicita-citakannya. Sebagian besar kisah kegagalan adalah kisah orang-orang yang menyerah sebelum waktunya.

Jadi jangan berhenti terlalu dini untuk meraih kesuksesan. Termasuk dalam menjalankan bisnis. Yakinkan dalam hati, bahwa kegagalan merupakan proses pendewasaan diri untuk mencapai titik sukses yang di inginkan banyak orang. (*DI)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/19181-prinsip-bisnis-dan-wirausaha.html

No comments:

Post a Comment