Monday, August 13, 2012

Tips Bisnis ala Pemilik Ritel Besar dari AS

Hits : 681 PDF Cetak E-mail
Minggu, 12 Agustus 2012 09:03
CE-logoJames (Jim) Sinegal, pemilik toko ritel terbesar kelima di Amerika Serikat dan terbesar ke-11 di dunia, Costco, memberikan delapan tips untuk para enterpreneur yang ingin terjun dalam bisnis ritel.

Seperti dikutip dalam laman Youngentrepreneur.com, Jim menjelaskan kesuksesan Costco mencapai laba bersih sebesar US$1,09 miliar pada 2009 lalu.

Hal itu, menurutnya, disebabkan karena Costco menawarkan harga lebih rendah dan lebih baik dibandingkan toko ritel lainnya karena menghilangkan biaya operasional toko ritel konvensional seperti tenaga penjual, bangunan yang mewah, hingga layanan pengiriman.

Costco mencetak rekor dengan penjualan yang tumbuh dari nol ke US$3 miliar dalam kurang dari enam tahun. Tahun fiskal 31 Desember 2009, total penjualan perusahaan mencapai US$71,42 miliar dengan keuntungan bersih US$1,09 miliar. Pada 2010 lalu, Costco berada di urutan 25 Fortune 500.

Berikut 8 tips dari Jim Sinegal:

1. Jadikan kosumen sebagai raja
Hal ini adalah wajib. Harga jual roti hot dog di Costco sebesar US$1,5 per potong tidak pernah berubah selama 15 tahun. Untuk menjaga agar harga hot dog tetap murah, Costco membuat sendiri roti dan daging sehingga satu potong hot dog Costco 100 persen produk hasil Costco.

"Terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar pelanggan tidak menghiraukan kenaikan harga yang lambat, tetapi tidak menaikkan harga akan membuat konsumen menjadi loyal," katanya.

2. Buang yang tidak perlu
Toko ritel Costco berkonsep gudang dengan lantai beton dan berbentuk kotak sehingga tidak memerlukan biaya lebih untuk dekorasi. Buatlah toko Anda dengan rak sederhana, namun kokoh agar konsumen dapat dengan nyaman menarik barang keluar dari rak.

3. Hilangkan layanan antar
Dengan menghilangkan layanan antar dan mengajak konsumen untuk membawa sendiri barang belanjaannya, seperti meja rias ke rumahnya, konsumen dapat menghemat biaya hingga ratusan dolar. Dalam setiap toko, Costco hanya menyediakan keranjang besar beroda untuk memudahkan dalam memasukkan barang ke mobil konsumen.

4. Tawarkan barang terbaik ke konsumen
Sebagai penjual yang baik, Anda harus menawarkan barang terbaik yang Anda jual tapi dengan harga yang murah kepada konsumen. Hal ini membuat konsumen menjadi loyal berbelanja di toko anda.

5. Buat merek sendiri
Salah satu keberhasilan Costco adalah membuat merek sendiri, Kirkland. Produk ini merupakan keputusan terbaik, karena merek Kirkland menawarkan kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan barang sejenis tapi dengan harga yang lebih murah.

6. Menghargai karyawan
Saat ini, Costco mempekerjakan sekitar 142 ribu pekerja penuh dan paruh waktu dan Jim selaku pemilik Costco selalu memperhatikan kondisi karyawannya. Costco memberikan asuransi medis dan subsidi kesehatan untuk keluarga karyawan .

Selain asuransi, Costco selalu mengutamakan promosi karyawan yang telah lama bekerja dari bawah daripada membajak dari perusahaan lain. "Sebagian besar manajer Costco pada awalnya merupakan staf karyawan toko," katanya.

7. Meningkatkan kemampuan suplier
Berbeda dengan toko ritel lainnya, Costco selalu membantu para suplier untuk menjalankan bisnis suplier lebih baik. Perusahaan memiliki komitmen agar para suplier mengembangkan diri untuk memasok barang-barang lain.

8. Tidak lupa kacang kepada kulitnya
Walaupun Costco telah berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir, filosofi dan nilai Costco tidak pernah berubah semenjak perusahaan ini didirikan. (*/VIVA.co.id)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/19212-tips-bisnis-ala-pemilik-ritel-besar-dari-as.html

No comments:

Post a Comment