Monday, August 13, 2012

5 Strategi Roketkan Penjualan

Hits : 1439 PDF Cetak E-mail
Minggu, 12 Agustus 2012 17:44
Produk yang berkualitas tidaklah cukup untuk mendongkrak tingkat penjualan produk anda, banyak faktor yang menentukan dalam sukses tidaknya suatu penjualan. Berikut akan dijelaskan tentang beberapa strategi meningkatkan penjualan produk :

1. Kenali produk anda
Anda adalah orang pertama yang mengetahui betul tentang produk yang anda jual. Anda harus mengetahui dengan pasti apa kelebihan dan kekurangan, fitur apa saja yang ada, apa yang bisa dikembangkan dan apa yang menjadi kendala dari produk anda. Jadi sebelum melakukan serangan gencar di promosi, kenali dulu dengan baik produk yang akan anda jual sehingga pengetahuan anda tentang produk menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

2. Permudah prosedur pembelian
Buat prosedur pembelian produk yang dapat dilakukan dengan mudah, aman dan nyaman. Pelanggan jangan disulitkan dengan hal-hal teknis yang dapat menghambat proses pembelian produk. Kalau bisa buat beberapa opsi cara pembelian sehingga memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk membeli sesuai keinginan.

3. Buat promosi yang efektif
Jangan hanya gencar melakukan promosi tapi buatlah promosi yang efektif, yaitu promosi yang mengena langsung kepada sasaran pemasaran. Tentukan segmen pasar mana yang akan anda bidik kemudian tentukan alat promosi yang paling efektif untuk menembus segmen pasar yang telah anda tentukan. Tentunya sangat berbeda pendekatan segmen pasar ibu rumah tangga dengan segmen wanita karir. Jadi jangan boroskan energi anda dengan promosi yang salah sasaran, buatlah promosi yang tembus langsung ke pelanggan yang anda bidik.

4. Kembangkan fitur produk secara berkelanjutan
Jangan anda matikan inovasi dalam pembuatan produk, tapi tetaplah mencari fitur apa yang bisa anda terapkan dalam produk yang dapat meningkatkan fungsi dan ketangguhan produk anda. Cara yang paling mudah adalah melihat kekuatan pesaing, pelajari dan terapkan kelebihannya dalam produk yang kita miliki.

5. Kenali strategi pesaing
Anda tidak sendirian dalam memasuki pasar, banyak pesaing yang lebih dahulu masuk kedalam pasar yang anda bidik. Jadi kenali pesaing dengan baik dan terapkan metode terbaik yang anda punya untuk bisa meningkatkan penjualan melebihi pesaing anda.

Dengan melakukan strategi penjualan yang benar maka penjualan produk akan terjadi peningkatkan, teruslah gali strategi-straegi baru karena pasar selalu berubah dan memerlukan cara pendekatan baru yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan produk anda. (*DI)

Sumber gambar:
ranker.com

http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/19288-5-strategi-roketkan-penjualan.html

No comments:

Post a Comment