Thursday, March 1, 2012

Berpikir Keluar dari Kotak

Views :296 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 01 Maret 2012 09:19
keluar_kotak0112Persaingan saat ini sangat ketat dan sangat cepat berubah. Peluang bisnis datang dan juga hilang sangat cepat. Ide bisnis bila tidak segera direalisasikan akan jadi tidak berguna dalam waktu kurang dari 6 bulan. Apalagi yang berhubungan dengan dunia online. Ide yang dianggap baru, fresh dan kreatif akan cepat menjadi basi.

Dalam menciptakan ide bisnis kita dituntut untuk selalu berpikir kreatif dan keluar dari kotak. Hindari membangun bisnis dengan berkaca dari kesuksesan orang lain kecuali Anda punya inovasi lebih yang bisa menarik pelanggan dan unik.

Saat Anda terjun ke bisnis yang populer, Anda akan menghadapi persaingan yang keras. Daripada kita berkompetisi di ruang pasar yang penuh dengan pesaing, lebih baik kita ciptakan sendiri ruang lain tanpa pesaing.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk selalu berpikir keluar dari kotak? Mungkin beberapa tips dibawah ini bisa membantu Anda:

Riset

Pelajari mekanisme bisnis Anda secara detail mulai dari hulu sampai hilir. Cari informasi sebanyak mungkin dari manapun, dengarkan cerita teman Anda yang sudah sukses karena Anda bisa mempelajari bagaimana meraih kesuksesan dari orang yang Anda percaya yaitu teman Anda sendiri.

Berpikir dari berbagai sudut pandang

Cobalah mencari ide bisnis baru dari berbagai perspektif yang berbeda dari hasil riset Anda diatas. Buat hipotesa ide bisnis dan ujilah dengan beberapa skenario bisnis. Bila dimungkinkan lakukanlah tes pasar dalam jumlah yang kecil untuk mengetahui bagaimana respon pasar mengenai produk Anda.

Terbuka untuk menerima suatu hal yang baru

Buang segala pikiran yang menjadi hambatan dan coba hubungkan beberapa ide yang tidak saling berhubungan dan ciptakan inovasi baru.

Berani gagal

Selalu siap untuk mengambil jalan yang sama sekali berbeda dengan orang lain dan selalu siap dengan konsekuensi/resiko yang dihadapi. Yakinlah dengan jalan yang Anda ambil. Jadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi diri sendiri dan ikuti proses bagaimana dia bisa menjadi sukses tapi akan lebih baik bila kita tidak ikuti ide bisnisnya. Cari ide lain yang sama sekali beda dengan orang lain. (*/ukmsukses.com)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/14844-berpikir-keluar-dari-kotak.html

No comments:

Post a Comment