Wednesday, March 28, 2012

Mengelola Karyawan Terbaik Anda

Views :537 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 28 Maret 2012 14:48
CE-logoSaat persaingan pasar tenaga kerja makin tinggi, hal yang paling sering ditinggalkan begitu saja ialah para karyawan yang memiliki kontribusi paling tinggi dalam perusahaan. Sayangnya, para entrepreneur juga tak jarang lupa untuk memperlakukan mereka dengan layak padahal mereka inilah salah satu aset perusahaan yang tak ternilai.

Alih-alih memperlakukan semua karyawan dengan cara yang sama, lakukan dua hal berikut ini dalam mengatur karyawan-karyawan terbaik Anda sendiri-sendiri.

1. Menyesuaikan posisi
Ketahuilah apa yang menjadi kelebihan setiap karyawan. Ketahui pula kelemahan mereka, dan apa yang mereka lebih sukai dan kurang sukai saat bekerja. Jika karyawan terbaik Anda tak menginginkan untuk mengelola sumber daya manusia, jangan memaksanya untuk memegang tanggung jawab tersebut. Jika ia membenci bepergian, jangan memberikannya posisi dalam perusahaan yang membutuhkan frekuensi kunjungan luar yang tinggi.

2. Sesuaikan imbalannya
Para karyawan menghendaki imbalan dan fasilitas yang berbeda-beda. Seorang karyawan yang sudah menjadi orang tua mungkin cenderung memilih untuk bekerja dengan irama lebih santai daripada para karyawan yang baru saja lulus dari perguruan tinggi yang masih sangat ambisius yang ingin menimba pengalaman sebanyak mungkin atau berguru pada mentor dalam perusahaan Anda. Berikan mereka apa yang mereka mau, bukan apa yang manajemen atas telah putuskan terbaik untuk mereka. (Disarikan dari “Retaining a Workforce That Wants to Quit” oleh Sharon Daniels/ AP)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/177-manajemen/15608-mengelola-karyawan-terbaik-anda.html

No comments:

Post a Comment