Wednesday, March 14, 2012

Umar Gunawan, Sukses Kembangkan Agrobisnis Durian Montong

Views :312 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 14 Maret 2012 11:22
durianmontongPepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya cocok disematkan pada sosok Umar Gunawan. Betapa tidak, usaha durian montong warisan orangtuanya berhasil dikembangkan. Kini dia menghasilkan omzet Rp 3 miliar per bulan.

Setiap harinya pengunjung silih berganti datang menawar di Jalan Urif Sumoharjo, tepat di seberang jalan depan rumah Sakit Awal Bros Makassar. "Usaha ini saya jalani sejak SMA," kata Umar memulai kisahnya dalam menggeluti dunia usaha durian montong.

Meski usaha yang dijalani bapak satu anak itu terbilang usaha yang dia lanjutkan dari orang tuanya, namun berkat kegigihan dan keuletannya dia bisa mengembangkan dengan menjadi suplai durian montong pada hampir semua tokoh buah di Makassar. Termasuk mensuplai durian untuk mal.

Saat ini alumni Fakultas Ilmu Sisial dan Politik Unhas itu mampu membukukan omzet hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah setiap bulan. "Kalau panen tidak terganggu, omzet bisa mencapai sampai Rp 3 miliar setiap bulan," bebernya.

Di Sinjai tepatnya di Kelurahan Mannanti Kecamatan Tellu Limpoe Umar membudidayakan durian montongnya itu. Di atas tanah seluas delapan hektare keluarga Umar menanam lebih dari 1.000 pohon durian montong.

"Kami juga membudidayakan dan menyediakan bibit durian montong yang sudah mendapat sertifikat primatiga dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultra Sulsel. Durian kami bebas kimia," jelasnya.

Umar mengakui, jurusan yang selama ini digeluti semasa kuliah memang bertentangan dengan usaha yang dia jalani saat ini. Namun semua itu bukan tantangan. Baginya, sepanjang ada kemauan dan usaha serta niat yang ikhlas maka apapun yang dilakukan pasti mendatangkan berkah.

Dalam perjalanan karirnya, Umar bahkan sempat terlibat penuh di dunia hiburan. Dia sempat menetap beberapa bulan di Jakarta dan meninggalkan usaha durian montongnya. Tapi karena jiwa usaha yang sudah melekat, dunia band yang dia geluti itu tidak dia lanjutkan dan kembali ke Makassar menjalankan usaha durian montongnya.

Umar berharap, usaha durian montongnya ini bisa terus dikembangkan. Bahkan dia punya mimpi untuk mengolaborasikan usaha durian montongnya itu dengan makanan khas Makassar seperti Pallubasa dan sebagainya.

"Yang pastinya saya akan bertahan dengan usaha ini karena durian memiliki pecandu yang banyak," pungkasnya. (*/Fajar.co.id/AS)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/agrobisnis/15222-umar-gunawan-sukses-kembangkan-agrobisnis-durian-montong.html

No comments:

Post a Comment