Monday, March 12, 2012

5 Kiat Dorong Tim Untuk Lebih Kreatif

Views :180 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 12 Maret 2012 09:15
HRdevelopmentKreativitas dalam tim kerja kita bukanlah sesuatu yang jatuh dari langit begitu saja. Terdapat beberapa hal yang seorang pemimpin harus lakukan untuk meningkatkan karya kreativitas timnya. Berikut adalah sejumlah ide yang bisa kita terapkan.

Jadikan target

Saat Anda menetapkan peran tim Anda, pastikan untuk mengedepankan ekspektasi yang akan diciptakan oleh tim Anda dengan memberikan target bagi mereka untuk bisa menghasilkan solusi baru yang segar terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Latihlah

Ketrampilan berkreasi bisa dipelajari. Untuk mempelajari ketrampilan ini, mereka harus diajari. Jadwalkan waktu untuk melakukan pelatihan bagi tim. Ini bisa diwujudkan dalam beberapa bentuk, misalnya sesi singkat curah gagasan yang efektif sebelum sesi curah gagasan Anda berikutnya hingga berupa sesi pelatihan yang memakan waktu sehari penuh. Poin utamanya sederhana, yakni melatih tim Anda untuk mengasah ketrampilan berkreasi.

Praktikkan

Pemikiran kreatif dan pemecahan masalah adalah ketrampilan, seperti golf, tenis, dan bahasa asing. Seperti semua ketrampilan tersebut, Anda akan makin piawai dengan berlatih. Carilah kesempatan bagi tim Anda untuk mempraktikkan ketrampilan yang Anda pelajari. Praktik membangun kompetensi dan kompetensi membangun kepercayaan diri.

Beri apresiasi

Tindakan yang Anda hargai akan diulang. Itu sifat manusia.Itulah satu alasan yang harus Anda akui tak hanya untuk keberhasilan tetapi juga upayanya. Tidak setiap upaya kreatif akan berhasil. Itu wajar dan jika Anda berada dalam lignkungan yang tidak menghargai kreativitas, pengakuan atas upaya kreatif bahkan sangat diperlukan dan penting. Mereka ingin tahu apakah cukup aman untuk mengeluarkan ide-ide barunya.

Buat modelnya

Orang selalu mengamati pemimpinnya, tak peduli si pemimpin mau atau tidak. Apakah staf Anda menyaksikan sendiri bahwa Anda menyambut baik ide-ide kreatif? Apakah  mereka melihat Anda terlibat dengan aktif dalam proses penciptaan ide baru. Anda bisa mempercepat adopsi pemikiran kreatif sebagai sebuah ketrampilan jika secara pribadi Anda masuk dalam arena dan memberi teladan nyata. Jika Anda sendiri tak terlibat, mungkin Anda perlu mengurangi tuntutan Anda kepada tim untuk terus hasilkan ide kreatif.

Tim bisa jadi bekerja dengan performa terbaik saat mereka dilibatkan dalam sebuah proses kreatuif. Mereka memaksimalkan kebijakan kolektifnya dan pengalamannya untuk menciptakan apa yang sebelumnya belum ada.


Satu hal yang paling memuaskan dan paling produktif yang bisa dilakukan pemimpin ialah menciptakan kondisi untuk menjaring potensi kreatif timnya. Mulailah hari ini dan bersiaplah untuk terpukau dengan apa yang bisa tim Anda hasilkan! (*AP)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/183-hrd/15161-5-kiat-dorong-tim-untuk-lebih-kreatif.html

No comments:

Post a Comment