Tips Bisnis
Senin, 12 Maret 2012 16:27 |
George Steiner, seorang pakar dan praktisi entrepreneurship, pernah suatu ketika menyatakan bahwa perencanaan strategis melibatkan keterikatan yang rumit antara satu unsur manajemen dengan unsur lainnya. Ia terhubung dengan proses menajamen tersebut.
Terdapat 4 aspek perencanaan strategis lintas bidang yang patut diketahui oleh para entrepreneur dan pemilk bisnis.
Pasar yang unik
Strategi gunung versus lembah yang merujuk pada identifikasi segmen pasar yang signifikan dan pasar yang berada ‘terjepit’ di antaranya yang muncul dari pasar yang lebih besar.
Orang yang unik
Strategi koki yang trampil, yang merujuk pada ketrampilan atau bakat khusu dari seseorang atau sekelompok individu yang memperkuat sebauh bisnis.
Produk yang unik
Strategi alat yang lebih baik, yang merujuk pada inovasi-inovasi yang meliputi pasar-pasar yang sudah ada dan masih baru.
Sumber daya yang unik
Strategi sumur air, yang merujuk pada kemampuan untuk mengumpulkan atau menjaring sumber daya khusus/ istimewa (tanah, tenaga kerja, modal, bahan mentah) selama jangka panjang. (*AP) |
Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis.html
No comments:
Post a Comment