Monday, March 12, 2012

4 Kunci Sukses Ekspansi ke Manca

Views :502 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 12 Maret 2012 15:14
Explosive_GrowthMeraup pasar ekspor sudah pasti menjadi impian setiap pebisnis. Berbagai cara promosi, mulai dari mengikuti pameran, hingga menitipkan barang kepada handai taulan yang bermukim di luar negeri dilakukan untuk mengeruk pasar internasional.
Bagi Anda yang berencana merentangkan sayap ke pasar internasional ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Perhatikan standar mutu produk


Sebelum mengekspor produk Anda ke luar negeri, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kualitas produk Anda agar sesuai dengan standar mutu di pasaran internasional. Permasalahan ini seringkali dihadapi para pelaku usaha, sebab barang yang mereka tawarkan belum sesuai dengan standar kualitas produk negara tujuan ekspor. Oleh karena itu, pastikan produk Anda memiliki kualitas unggul serta mengantongi izin industri dari pihak-pihak yang bersangkutan.

2. Menjaga konsistensi pasokan produk


Eksportir dituntut untuk bisa menjaga konsistensi pasokan barangnya dan meningkatkan kapasitas produksi guna memenuhi permintaan pasar ekspor yang semakin hari semakin besar.

3. Memahami aturan ekspor-impor


Salah satu permasalahan yang sering dihadapi para pelaku bisnis yaitu kurangnya pemahaman mereka mengenai beberapa aturan ekspor impor baik di negara asal maupun negara tujuan. Anda perlu dalami peraturan di Negara tujuan untuk mengetahui produk-produk apa saja yang sekiranya boleh maupun yang tidak boleh diekspor ke negara tujuan. Sehingga para pelaku usaha tidak salah memilih calon buyer, serta bisa menjalankan kerjasama ekspor impor dengan lancar.

4. Mengetahui prosedur teknis ekspor


Anda perlu mengetahui prosedur-prosedur teknis yang perlu dijalankan para eksportir. Mulai dari prosedur administrasi yang perlu dilengkapi, prosedur bea cukai, peralatan dan perlengkapan, serta prosedur pembayaran yang biasa digunakan dalam kegiatan ekspor impor. Yang sering terjadi adalah produk yang sudah siap dikirim tertahan karena dokumen-dokumen belum lengkap.
(Sumber: kompas.com/*Septian)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/15174-4-kunci-sukses-ekspansi-ke-manca.html

No comments:

Post a Comment