Wednesday, March 14, 2012

Pimpin Tim dengan Leading by Knowledge

Views :103 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 14 Maret 2012 14:17
pimpin0312Ada berbagai cara memimpin sebuah tim. Salah satu yang terbaik adalah leading by knowledge, karena hal tersebut membuat tim yakin bahwa mereka sudah memiliki pemimpin yang tepat karena bisa menanyakan apapun.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memimpin dengan cara ini:

1. Bangun kredibilitas dengan menambah pengalaman dan selalu melek informasi. Pemimpin adalah tempat belajar dan bertanya bagi semua anggota tim. Kalaupun ada hal yang tidak diketahui, segera cari informasinya di berbagai media yang ada secepatnya.

2. Saat krisis adalah saat yang tepat untuk mengimplementasikan teknik kepemimpinan ini. Buat keputusan yang cepat, sosialisasikan dan kawal implementasinya. Memberikan bukti nyata adalah cara yang sangat efektif.

3. Pahami apa yang menjadi perhatian utama di antara anggota tim, jika ada salah satu mereka yang kurang paham dengan tugasnya, segera dampingi tanpa harus diminta

4. Jangan berlebihan dalam mempresentasikan keahlian yang dimiliki. Jarak yang terlalu besar kadang justru membuat demotivasi dan membuat anggota tim sangat tergantung dengan keputusan pemimpinnya dan justru mematikan kreativitas serta inisiatif dalam kerja. (*/ian)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/177-manajemen/15231-pimpin-tim-dengan-leading-by-knowledge.html

No comments:

Post a Comment