Wednesday, March 14, 2012

Mengembangkan Bisnis Warnet

Views :213 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 14 Maret 2012 10:19
warnet0312Seperti halnya bidang usaha lain, bisnis warnet tentu dapat dikembangkan. Pertanyaannya, ke arah mana saja bisa mengembangkan bisnis warnet dengan melihat peluang lain tanpa meninggalkan sama sekali dasar usaha Anda.

Salah satu hal yang sering didapati dari pengusaha warnet adalah minimnya kreatifitas dan terperangkap dalam pola pikir tertentu yang akhirnya membuat mereka tak bisa keluar dari sebuah lingkaran setan. Contoh yang paling nyata dari kurangnya kreatifitas adalah perang harga antarwarnet yang akhirnya membuat bidang usaha warnet cenderung stagnan, setiap munculnya pemain baru selalu di sikapi dengan perang harga baik oleh pemain baru maupun pemain lama. Situasi seperti ini akhirnya membuat bidang usaha warnet menjadi sebuah usaha yang muram, tak pasti, mudah bergejolak, dan rawan.

Meskipun demikian, akhir-akhir ini terdapat beberapa pengusaha warnet sudah percaya diri dengan tidak menjadikan harga sebagai faktor jualan utama. Sebaliknya mereka menjadikan mutu pelayanan yang baik sebagai faktor utama untuk mengaet konsumen. Sebagian sudah menunjukkan bahwa mereka justru lebih bisa meraih keuntungan dengan persentasi yang lebih baik dibanding mereka yang berkutat di perang harga.

Jika kondisi warnet Anda sudah bagus maka langkah berikutnya adalah pengembangan. Jika yang Anda lakukan adalah pengembangan sebatas peningkatan kualitas PC, menambah jumlah PC, menaikkan kapasitas bandwidth atau menambah kenyamanan warnet Anda tentu saja tidak sulit.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengembangkan bisnis warnet Anda adalah:

Menambah jumlah warnet

Ini adalah pilihan yang paling logis, sebab jika manajemen warnet Anda telah terbukti bagus maka bangunlah warnet baru lagi. Pengalaman Anda mengelola warnet dengan baik dan memberikan keuntungan adalah modal utama.

Waralabakan warnet Anda

Warnet Anda telah bertambah, namanya telah terkenal, manajemen bagus. Kenapa tidak memberikan kesempatan kepada pihak lain yang tertarik untuk membuat warnet bergabung dengan jaringan Anda? Anda mempunyai kesempatan untuk memberikan pihak lain untuk mendapatkan keuntungan dan Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk memperluas jaringan.

Membangun jaringan internet tingkat RT/RW

Warnet Anda berada di sekitar perumahan atau banyak yang tertarik untuk koneksi internet tapi inginnya akses dari rumah? Salurkan saja bandwidth warnet ke rumah-rumah di sekitar warnet Anda. Media kabel dan wifi bisa Anda gunakan.

Jadi ISP

Anda sudah memiliki jaringan warnet, sudah melakukan franchise, mendingan jadi ISP sekalian. Meskipun begitu, perlu Anda ingat bahwa bidang usaha warnet dan ISP itu serupa tapi tak sama. (*/dari berbagai sumber/AS)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/15218-mengembangkan-bisnis-warnet.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment