Wednesday, March 21, 2012

Gurihnya Bisnis Makanan Online

Views :268 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 21 Maret 2012 09:20
makanan_ol0312Saat ini, apa yang tidak bisa dijual secara online? Hampir semua barang dan jasa dapat dijual secara online. Pakaian, alat kerajinan tangan, alat-alat rumah tangga, makanan, jasa konsultasi dengan psikolog, jasa desain grafis, dan lain sebagainya dapat kita perjualbelikan secara online. Khusus untuk produk makanan, bukan hanya makanan kering atau yang tahan lama saja yang dapat diperjual belikan secara online. Kue ulang tahun dan kue basah yang cenderung tidak tahan lama pun dapat kita beli secara online. Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, bagaimana mengirimnya? Apa tidak cepat rusak dan basi? Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui seluk beluk bisnis makanan secara online.

Dengan berbagai alasan, kini lebih banyak orang memilih mengadakan transaksi jual beli di depan komputer atau secara online daripada pergi ke sebuah toko. Jika produk-produk lain mempunyai peluang besar untuk laris di pasaran online maka begitu juga dengan makanan. Saya menggeluti bisnis makanan secara online sejak tahun 2008 dan makin lama makin mendapati banyak orang merintis usaha seperti yang telah saya lakukan. Hal ini menunjukkan bahwa prospek berbisnis makanan secara online sangat cerah. Anda masih mempunyai peluang dalam bisnis yang sangat enak ini. Berikut adalah keuntungan-keuntungan menjalanankan bisnis makanan secara online:

1. Capital less

Hal ini disebabkan bisnis makanan secara online banyak yang dijalankan dengan cara made by order. Jadi kita hanya memproduksi makanan apabila ada konsumen yang memesannya. Tidak sekadar memesan namun sekaligus membayarnya. Dengan demikian, kita tidak mengeluarkan modal terlebih dahulu. Konsumen-lah yang memodali kita.
Misalnya seseorang memesan sebuah kue ulang tahun, maka ia harus membayar terlebih dahulu harga kue ulang tahun tersebut beserta ongkos kirimnya. Setelah kita menerima pembayaran, barulah kita memproduksi kue ulang tahun tersebut. Capital less ini berkaitan juga dengan biaya untuk membeli atau menyewa sebuah toko. Pada bisnis makanan secara online, kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa sebuah toko, membeli etalase khusus makanan, membuat dummy cake, dan properti lainnya. Cukup mengandalkan situs dan foto makanan yang kita jual.

2. Produk lebih segar

Karena made by order maka tidak ada stok makanan di toko kita. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri dan menjadi salah satu daya tarik bagi calon konsumen. Orang tentu akan lebih memilih produk yang fresh, bukan?

3. Hampir tidak ada risiko merugi

Kita dapat membandingkan hal ini dengan toko kue konvensional, bagaimana jika produk tidak laku? Tentu merupakan kerugian bagi kita. Namun, dalam bisnis kue secara online, hampir tidak dikenal istilah merugi karena apa yang kita buat pasti laku. Tidak ada risiko basi.

4. Lingkup pemasaran yang lebih luas

Jarak yang dapat dijangkau sebuah toko kue atau warung makanan secara konvensional sangat terbatas. Namun, pada bisnis makanan online, kita dapat menjangkau konsumen yang tinggal di provinsi berbeda dengan kita. Bahkan, untuk makanan kering, bisa berbeda negara dan benua.

Jika setelah membaca benefit-benefit bisnis makanan yang dijalankan secara online membuat Anda berminat untuk menjalaninya, inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan:

1. Membuat toko

Pebisnis online juga harus mempunyai toko sebagaimana dalam bisnis konvensional. Hanya saja toko dalam bisnis online bisa tanpa biaya sewa sama sekali. Jika dalam bisnis konvensional kita harus merohoh kocek jutaan rupiah untuk biaya sewa maka dalam bisnis online sebuah toko yang kita miliki bisa saja gratis. Kita bisa memanfaatkan blog tidak berbayar untuk membuat sebuah toko, seperti Blogspot, Wordpress, dan Multiply. Selain blog kita juga bisa membuat toko di portal-portal jual beli seperti dinomarket dan tokopedia. Lalu forum jual beli dan jejaring sosial seperti Facebook tidak kalah menariknya untuk dijadikan sebuah toko online. Jika mau sedikit lebih bergengsi, kita bisa memesan sebuah toko online profesional. Tentunya toko online profesional ini tidak gratis. Namun, tidak semahal toko konvensional. Saya hanya mengeluarkan Rp500.000 untuk sebuah toko online yang saya pesan. Kita hanya perlu memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan penyedia jasa pembuatan toko online ini.

Toko yang telah kita buat tersebut difungsikan sebagai tempat untuk menampilkan produk makanan yang kita jual. Karena ini bisnis online, maka yang kita displai hanya foto dari produk makanan yang kita jual. Jangan lupa untuk memberi keterangan secara lengkap mengenai produk tersebut.

2. Iklankan melalui berbagai jalur

Salah satu ciri bisnis online adalah lingkup pemasarannya yang sangat global. Bukan saja antarkota, antarprovinsi namun bisa antarpulau, antarnegara dan antarbenua. Untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas, kita harus mengiklankan toko kita melalui berbagai jalur seperti melalui email, iklan baris, forum jual beli online, grup atau fanpage di Facebook, dan lain sebagainya.

3. Pentingnya testimoni

Jangan lupa untuk meminta testimoni konsumen yang telah membeli di toko kita. Testimoni ini meliputi rasa, pelayanan, kebersihan, ketepatan waktu pengiriman, dan pengemasan. Usahakan testimoni dapat terbaca jelas oleh calon pembeli sehingga mereka memutuskan untuk membeli di toko kita.

4. Foto yang menggugah selera

Mau tidak mau,  kita harus menguasai teknik memotret makanan agar foto makanan yang ditampilkan di toko makanan kita terlihat begitu menarik. Selain menguasai teknik dasar food photography, kita juga harus menguasai teknik olah digital walaupun secara dasar. Namun, dalam melakukan olah digital sebuah foto sebaiknya tidak terlalu dramatis. Banyak orang kecewa dengan foto makanan yang dramatis namun kenyataannya jauh panggang daripada api. Jika karena berbagai alasan tidak mampu untuk menguasai dasar-dasar food photography maka kita dapat menyewa photographer profesional.

5. Pilihlah perusahaan ekpedisi yang terpercaya

Dalam bisnis online, kita wajib berhubungan dengan perusahaan ekpedisi meskipun bisnis makanan sekalipun. Sebagaimana telah disebut di atas bahwa perusahaan ekpedisi khusus makanan sudah bermunculan. Kita dihadapkan pada banyak pilihan. Pilihlah perusahaan ekspedisi yang terpercaya. Bagaimana cara mengetahuinya? Bergabung dengan milis yang beranggotakan para penjual makanan online seperi NCC dapat membantu kita. Di sanalah kita bisa mendapat informasi perusahaan ekspedisi mana yang dapat diandalkan.

6. Maksimalkan pelayanan

Telah disebut di atas bahwa lingkup pasar pada bisnis online sangat global maka kita harus hati-hati dalam menjaga nama baik kita. Jangan sampai membuat konsumen kecewa. Satu konsumen kecewa maka kita berpeluang tidak dipercaya oleh orang di seluruh dunia. Mungkin terlalu ekstrem namun begitulah kenyataannya. Seorang konsumen yang kecewa dengan pelayanan kita bisa saja menumpahkan kekecewaan dan kekesalannya di toko kita. Bayangkan bila hal itu dibaca oleh setiap pengunjung toko. Tentu mereka tidak akan memasukan toko kita ke dalam daftar toko yang akan dipilih jika ingin memesan kue atau makanan lainnya.

*) A.Yahya Hastuti, seorang penulis dan juga pebisnis makanan online di http://ghandokkoejualan.blogspot.com

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/122-peluang-bisnis-perempuan/15417-gurihnya-bisnis-makanan-online.html

No comments:

Post a Comment