Thursday, March 15, 2012

3 Hal Wajib Saat Berinvestasi pada Bisnis Teman


Views :834 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 15 Maret 2012 09:56
helping0312Seorang teman dengan ide bisnis yang cemerlang bisa menjadi kutukan atau berkah bagi Anda. Keputusan untuk berinvestasi bisa memberikan hasil-hasil yang bagus pada kedua belah pihak. Namun memasuki dunia bisnis dengan seorang teman bisa menjadi wilayah yang penuh ranjau. Berikut ialah 3 hal yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mendukung ide bisnis teman Anda dengan berinvestasi.

Tetapkan batasan yang jelas

Jangan ragu untuk menetapkan semua batasan dan menuangkannya dalam kesepatakan tertulis sebelum Anda memutuskan berinvestasi dan saling mempercayai dalam berbisnis. Ingatlah bahwa hal ini adalah sebuah transaksi keuangan bukan sebuah dana amal.

Tetapkan aturan kerja

Saat perusahaan baru bergerak dari ranah ide menuju eksekusi ide, pastikan pula bahwa sudah ada rencana bisnis yang tersusun sebelumnya sehingga Anda bisa membicarakan rencana untuk bertindak dengan teman Anda.

Evaluasilah secara akurat mitra Anda

Memasuki sebuah bisnis bersama dengan teman banyak kemiripannya dengan berkencan. Jangan terkecoh dengan ‘cinta pada pandangan pertama’. Lakukan analisis SWOT terhadap bisnis teman Anda sehingga Anda memahami apa yang Anda masuki sebelum terlambat kelak. (*/Diadaptasi dari “My First, Failed Foray into Venture Investing” oleh Whitney Johnson/AP)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/182-investasi/15245-3-hal-wajib-saat-berinvestasi-pada-bisnis-teman.html

No comments:

Post a Comment