Tuesday, March 20, 2012

5 Bisnis dari Ide Konyol


Views :340 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 20 Maret 2012 14:34
dogless0312Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, maka dibutuhkan sebuah inovasi dan pemikiran baru yang kreatif. Namun tak semua orang bisa berfikiran kreatif dalam menghasilkan suatu produk. Meski hal sepele jika terbilang unik maka tak ada yang menyangka hal tersebut juga dapat menghasilkan keuntungan miliaran.

Dan berikut ini adalah 5 ide unik dan sederhana yang bisa mendatangkan uang miliaran rupiah, seperti dikutip dari laman cnbc.com:

1. Kacamata anjing, Doggles

Roni Di Lullo, pertama kali memperoleh ide pertamanya pada 1997. Diawali dengan membuat kacamata bertali, Di Lullo akhirnya merogoh tabungan untuk merancang model yang berbeda yang disesuaikan dengan wajah anjing. Disinilah, muncul produk bermerek Doggles.

Dan kini perusahaan yang didirikan oleh Di Lullo itu, MidKnight Creations, telah membuka cabang untuk memproduksi ransel, jaket pelampung, dan mainan kucing. Perusahaan ini meraup penjualan rata-rata US$3 juta per tahun (Rp27 miliar).

2. Alarm berjalan, Clocky

Berawal dari kebiasaan tidur Gauri Nanda mempunyai ide untuk merancang sebuah jam alarm yang bergerak. Dilengkapi dengan dua roda, jam ini akan berguling ketika tombol snooze ditekan, sehingga membuat pemilik jam bangun untuk mematikan alarm.

Sekarang, Clocky dijual oleh ribuan pengecer di lebih dari 45 negara dan menghasilkan hampir US$10 juta (Rp90 miliar) dalam penjualan sejak awal. Hal ini juga melahirkan Tocky, yaitu Clocky versi tanpa roda yang menggelinding di meja membuat momentum sendiri.

3. Gigi palsu Billy Bob

White pertama kali menangkap ide membuat gigi pasangan yang terlihat norak saat dipakai dari seorang pemain football Rich Bailey, yang sedang mengenakan gigi palsu. White pun melihat sebuah peluang meminta Bailey untuk membuat satu set gigi palsu itu.

Dan kini bisnis White telah berkembang memproduksi sandal, hiasan kepala dan produk Billy Bob. Omzet bisnisnya mencapai US$50 juta (Rp450 miliar) sejak Gigi Billy Bob diciptakan.

4. Garpu sekaligus pisau, Knork

Saat Mike Miller masih duduk di kelas delapan ia mempunyai ide canggih ini ketika mencoba untuk makan pizza dan melihat bagaimana seorang karyawan dengan mudah memotong pizza dengan pemotong pizza miring. Dan saat Miller kuliah ia meminjam US$10.000 dari kakeknya untuk mendirikan perusahaan dan mengembangkan prototipe menggunakan salah satunya garpu milik ibunya. Dan kini ia mendapatkan keuntungan dari Knork hampir US$2 juta (Rp18 miliar) dalam penjualan pada 2011.

5. Kartu ucapan bola, SENDaBALL

Ide ini bermula ketika Michele Sipolt Kapustka melihat sekeranjang bola di sebuah toko dan menuliskan "Have a Ball with your new Baby". Bola itupun dikirimkan ke rekannya. Pada tahun 2003, mereka menciptakan sebuah situs web, dan membuka toko di garasi Kapustka, di mana kantor masih berada. Sejauh ini, SENDaBALL telah mengantongi penjualan hingga US$1 juta (Rp9 miliar). (*/ian)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/ide/15404-5-bisnis-dari-ide-konyol.html

No comments:

Post a Comment