Thursday, March 22, 2012

Poin-poin Sebelum Memilih Agen Properti

Views :99 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 22 Maret 2012 13:27
agen_properti0312Salah satu masalah sering dihadapi orang yang pindah tempat tinggal ke kota lain adalah menjual properti miliknya. Sesulit apa menjualnya?

Saat ini, meskipun tren bisnis properti terus menanjak, menjual rumah tidaklah segampang yang diperkirakan. Oleh karena itu, beberapa orang memilih menggunakan agen properti untuk membantu menjual rumah.

Tingginya keuntungan bisnis ini membuat agen properti tumbuh subur. Namun, sayangnya tidak semua agen properti itu punya track record baik, bahkan beberapa ada yang "nakal". Oleh karena itu, berarti-hatilah dalam memilih agen properti untuk membantu menjual rumah Anda. Berikut ini beberapa poin perlu Anda perhatikan sebelum memilih agen properti:

LisensiUntuk mengetahui agen tersebut profesional atau tidak, Anda perlu mengecek lisensi dari agen tersebut, apakah mereka sudah terdaftar atau belum. Agen profesional biasanya mendapat dukungan penuh dari kantor agen berupa kerja sama dengan lembaga hukum, appraisal, periklanan, dan bank.

Mengetahui pasarAgen jual profesional mengetahui pasar properti lokal. Biasanya mereka akan menganalisis nilai investasi properti Anda secara riil dan memasukkannya ke listing pasar mereka. Selain itu, mereka juga memiliki pengetahuan luas mengenai area tersebut, baik kelemahan maupun kelebihan investasi di daerah bersangkutan.

DatabaseAgen jual profesional harus memiliki database mengenai pembeli potensial. Hal ini untuk memudahkan mereka mencocokkan calon pembeli dengan nilai rumah Anda yang ingin dijual. Semakin banyak cabang mereka di beberapa kota, berarti database pembelinya juga banyak.

Mengetahui minatMereka biasanya membawa langsung pembeli ke lokasi properti Anda dan menjelaskan kepada calon pembeli. Tentunya, hal ini setelah mencocokkan profil konsumen dengan nilai rumah Anda. Kemampuan ini memang dasar dari seorang agen profesional. Perlu dicatat, agen properti yang baik tidak hanya pintar bicara, tetapi juga bisa memberikan bukti.

Membantu negosiasiBiasanya, agen properti akan bertindak sebagai penasihat, bukan sebagai perantara. Agen properti yang baik akan berusaha memberikan yang terbaik untuk menjual properti Anda dengan bernegosiasi dengan pembeli. Nah, jika sudah terjual, mereka akan mengatur dari pembayaran sampai dengan sertifikasi. (*/Kompas.com)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/164-umum/15464-poin-poin-sebelum-memilih-agen-properti.html

No comments:

Post a Comment