Thursday, March 22, 2012

Empat Faktor Kegagalan Memulai Bisnis

Views :277 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 22 Maret 2012 09:54
CE-logoBanyak orang yang memiliki ide bisnis cermerlang hingga mereka pun bersemangat untuk mewujudkannya dalam bentuk usaha nyata. Namun diantara banyak orang yang berbisnis tersebut tak sedikit yang mengalami kegagalan.

Mereka umumnya melakukan kesalahan yang mendasar yang seharusnya dihindari. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis seperti dinukil dari entrepreneur.com:

1. Tidak fokus

Pebisnis pemula memiliki banyak ide. Tak ayal mereka pun cenderung untuk mewujudkan semua ide tersebut. Kesederhanaan dan fokus adalah kunci untuk membangun bisnis yang sukses. Jadi jangan selalu mewujudkan semua ide, tetapi pilihlah ide bisnis yang paling potensial.

2. Mengabaikan arus kas

Arus kas memegang peranan yang sangat penting dibandingkan dengan pendapat yang diperoleh dalam bisnis baru. Pastikan Anda memiliki arus kas yang cukup untuk membiayai operasional perusahaan selama enam bulan ke depan karena dalam bulan-bulan awal bisnis yang Anda rintis belum memberikan pendapatan yang optimal.

3. Terlalu berkaca pada kompetitor

Jangan terlalu berkaca dengan kompetitor yang sudah ada. Apabila Anda terlalu mengkhawatirkan hal ini maka hasilnya adalah Anda membangun produk berbasis atas ketakutan diri Anda. Bangunlah bisnis Anda sesuai dengan cara Anda sendiri.

4. Merasa puas

Jangan cepat merasa puas dengan kesuksesan yang Anda miliki sekarang. Kembangkanlah ide dan inovasi agar bisnis Anda semakin besar.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/15451-empat-faktor-kegagalan-memulai-bisnis.html

No comments:

Post a Comment