Wednesday, March 28, 2012

Cara Beriklan Murah dan Cepat untuk Startup

Views :225 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 28 Maret 2012 08:38
CE-logoAnda yang memiliki startup atau usaha rintisan pasti mengetahui fakta bahwa dana yang Anda miliki untuk beriklan tak sebanyak yang dimiliki oleh perusahaan besar yang berbudget tak terbatas. Untuk itu, Anda harus mengakalinya dengan strategi beriklan yang  cerdas dan jitu tanpa mengeluarkan terlalu banyak dana. Namun, bagaimana caranya? Berikut adalah strategi dan sejumlah opsi beriklan yang bisa Anda gunakan dengan maksimal.

Inilah 2 strategi penting yang perlu Anda ketahui dalam beriklan untuk startup Anda. Pertama, cobalah dapatkan izin. Izin yang dimaksud di sini ialah izin dari orang yang memiiki alamat surel. Pertimbangkan dengan serius untuk menawarkan sesuatu sebagai imbalan pemberian alamat surel mereka kepada Anda. Bentuknya bisa berupa pemberian uji coba secara gratis, laporan gratis, atau mungkin sebuah e-book cuma-cuma yang memunyai nilai dan manfaat. Namun mendapatkan alat dan izin untuk menghubungi para pelanggan berkali-kali setelah itu akan menambah tingkat konversi Anda dari waktu ke waktu dalam banyak kasus. Inilah kekuatan besar memiliki daftar surel (email list).

Kedua, gunakan iklan untuk menguji. Gunakanlah iklan sebagai alat untuk menguji daripada sebagai penarik pelanggan dalam jangka panjang. Sangat sedikit startup yang bisa terus menerus membiayai biaya beriklan yang kontinu, tanpa terputus yang dibutuhkan untuk mengubah iklan menjadi kegiatan pemasaran dengan Return of Investment (RoI) yang positif. Bahkan jika Anda pikirkan lebih mendalam lagi, beriklan adalah medium pemasaran yang volatil (berubah-ubah). Harga bertambah dengan cepat dalam iklan online karena pesaing baru merebut ‘kue’ Anda atau konsumen merasa bosan dengan iklan Anda dan tingkat frekuensi klik menurun. Saat ini terjadi, semua hal yang Anda investasikan dalam kampanye iklan Anda akan menguap begitu saja. Sehingga daripada mengandalkan traffic iklan sebagai sebuah sumber yang stabil, gunakan dengan berfokus pada keunggulannya: kemampuan untuk menghasilkan sebanyak mungkin pengunjung dengan tempo yang relatif cepat karena kemudian akan dengan cepat pula menurun dan mati. Jenis sumber traffic inilah yang patut Anda coba dalam pengujian terpisah dan pengujian perilaku pengguna dengan menggunakan alat seperti “Clicktale” dan “Crazyegg”.  Alat tersebut juga akan memberikan uraian evaluasi mengenai bagaimana traffic tertentu berubah untuk Anda. Dengan melacak konversi dengan baik dan beriklan di Facebook, Anda bisa menentukan keputusan-keputusan penting selanjutnya. Informasi yang Anda dapatkan sangat berharga dan harus menjadi dasar bagi penentuan arah bisnis selanjutnya.

Sering kali hal di atas memang bukan pasar yang terbesar tetapi itulah satu pasar yang Anda bisa garap dengan biaya terendah. Contoh lainnya, dengan AdWord Anda bisa belajar dengan cepat kata kunci mana yang mengubah untuk Anda, dan mana yang tidak. Ini amat berguna karena Anda berinvestasi waktu dan uang untuk upaya optimasi situs yang tidak murah. Mengetahui kata kunci yang benar-benar efektif bagi bisnis Anda (bukan kata kunci yang Anda pikir akan efektif) bisa menghemat uang waktu, dan tenaga.

Dengan 2 strategi di atas, kini Anda bisa menilik 3 opsi beriklan bagi startup yang paling utama.

Opsi 1: Beriklan pada ceruk tertentu
Sebagai startup, ada banyak ratusan opsi beriklan yang banyak dijumpai dan ribuan peluang ceruk bisnis lainnya. Tergantung pada ceruk yang Anda garap, Anda seharusnya bisa menemukan forum, blog, majalah atau situs yang di dalamnya Anda bisa beriklan dengan efektif. Saat sebuah ceruk bisnis makin ketat, semakin baik pula peluangnya. Ingatlah bahwa situs yang melayani ceruk khusus cenderung lebih murah tarif beriklannya tetapi tingkat trafficnya lebih khusus. Itulah mengapa terjadi perbedaan besar dalam tingkat konversi. (Dan jika Anda tidak membidik satu ceruk tertentu karena Anda menginginkan audiens Anda untuk menjadi satu-satunya sasaran, Anda akan membutuhkan lebih banyak dari dana beriklan yang sudah ditetapkan dalam anggaran). Pada umumnya, jika Anda memasarkan produk dalam sebuah ceruk, Anda akan mengetahui situs-situs untuk dibidik.

Opsi 2: Google Adwords
Formal iklan: teks atau gambar
Komponen iklan: terbatas 25 karakter, 2 baris di teks utama (dengan 35 karakter di masing-masing baris), 35 karakter untuk display URL
Proses persetujuan: otomatis dengan ulasan manual jika Anda melalui penyaring

Dengan meningkatnya persaingan, ceruk potensial dalam Google AdWords juga makin menyempit. Hampir semua perusahaan baik besar dan kecil masuk ke platform iklan ini.

Kini untuk bisa terus bersaing mendapatkan traffic dengan AdWords, Anda perlu mempertimbangkan jejaring konten. Orang biasanya berpikir bahwa Google AdWords adalah iklan yang tampak di kanan haisl pencarian. Namun hanya sedikit yang tahu  jejaring konten. Jejaring konten bisa didefinisikan sebagai iklan yang ditempatkan melalui kanal yang lebih tidak terfokus, bervolume lebih tinggi dan biasanya lebnih murah untuk beriklan daripada hasil pencarian.

Opsi 3: Facebook
Format iklan: teks dengan gambar jika perlu
Komponen iklan: gambar beresolusi 110 x 80 piksel, headline dengan 25 karakter, 135 karakter teks isi
Proses persetujuan: manual dan kadang lambat

Facebook masih menjadi kanal beriklan yang utama bagi startup. Dengan kemampuan memberikan klik dengan tarif 10-15 sen dalam kondisi yang tepat, Facebook terlalu potensial untuk diabaikan.Kelebihan beriklan di Facebook ialah kemampuannya untuk menampilkan iklan Anda secara tepat pada mereka yang memiliki karakteristik yang Anda inginkan. Anda bisa memilah berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, status hubungan dan sejumlah tolok ukur lain bersamaan dengan ribuan minat dan pekerjaan yang Anda bisa gunakan sebagai target dalam menggunakan kata kunci.

Kunci untuk beriklan murah di Facebook ialah mendapatkan klik yang tinggi melalui rating atau CTR (Click Through Rate). Kunci menuju CTR yang tinggi  ialah gabungan gambar yang menarik , headline yang mencolok, dan pembidikan yang sangat terfokus. (Onstartup.com/*AP)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/15594-cara-beriklan-murah-dan-cepat-untuk-startup.html

No comments:

Post a Comment