Thursday, March 22, 2012

Melirik Peluang Bisnis Breeder Kucing Persia

Views :102 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 22 Maret 2012 09:10
kucing_persia0312Menjadi breeder alias peternak kucing persia sebagai suatu mata pencarian memang bukan hal yang gampang. Hanya orang-orang pecinta kucing dan bermodal kantong cukup tebal yang bisa memulai usaha ini.

Mengapa demikian? Indonesian Cat Association (ICA) sebagai organisasi profesional mensyaratkan banyak hal jika ingin menjadi breeder. Salah satunya, pencinta kucing minimal harus memiliki dua ekor kucing persia betina dan satu ekor kucing persia jantan besertifikat. Padahal, harga kucing persia besertifikat tidaklah murah. Si calon pemilik minimal harus merogoh kocek Rp8 juta untuk satu ekor kucing.

Menurut pemilik breeder Eriacats, Ria Rakhmawati, dalam menjalankan usaha pembibitan kucing persia yang dijalaninya memang kerap kali menemui hambatan atau masalah. Misalnya, ada kucing unggulan yang terkena penyakit atau bahkan, jika sedang sial, kucing yang sudah dipesan konsumen mati mendadak. Dia menyarankan, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, alangkah baiknya terus memperhatikan kesehatan hewan yang sudah di pesan.

Hambatan lain yang mungkin terjadi adalah pembatalan pesanan dari konsumen. Untuk mencegahnya, pecinta kucing persia yang ingin atau baru menjadi breeder perlu mewajibkan konsumen membayar uang muka terlebih dahulu sebagai tanda jadi. Sehingga, akan meminimalkan hambatan dalam usaha. Dia menuturkan, dalam menjalankan usaha breeder harus mempunyai niat yang gigih dan teliti serta jangan mudah putus asa. Dia menyarankan, agar sukses harus terus mencoba meski pernah mengalami kegagalan.

”Setelah gagal biasanya akan semakin terpacu untuk menjadi dan mengubahnya menjadi lebih baik. Jika belum terlalu terampil, bisa terlebih dahulu mengikuti pelatihan yang diadakan asosiasi,” tutur dia.

Dia menilai, peluang usaha beternak kucing persia masih terbuka luas bagi yang mau menjalankannya. Hal ini karena pehobi kucing tidak pernah hilang meski banyak jenis peliharaan lain yang sedang ngetren. (*/Harian Seputar Indonesia)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/15447-melirik-peluang-bisnis-breeder-kucing-persia.html

No comments:

Post a Comment