Sunday, March 11, 2012

11 Kunci Sukses Bisnis Toko Online

Hits : 2804 PDF Cetak E-mail
Sabtu, 10 Maret 2012 07:47
online-shoppingOnline shop atau yang dikenal dengan toko online adalah suatu jenis usaha di dunia Internet yang sangat naik daun akhir-akhir ini. Menjamurnya bisnis toko online memang menjadi konsekuensi logis dari tingginya tingkat penetrasi akses Internet di masyarakat Indonesia. Makin banyak konsumen potensial, makin menguntungkan pula prospek bisnisnya.
Akan tetapi di balik kemudahan membuka sebuah toko online, Anda jangan mengharapkan datangnya laba yang cepat dan mudah. Dibutuhkan ketelatenan dan kerja keras untuk membuat nama toko online Anda bisa terangkat. Dan modal yang digunakan juga lumayan tinggi untuk itu.
Inilah 11 hal yang perlu Anda perhatikan secara seksama saat hendak membuka sebuah toko online. Dengan memfokuskan perhatian pada 11 poin ini, peluang untuk berhasil mendulang rupiah dengan toko online niscaya akan lebih tinggi.

Poin 1: Foto produk

Bila Anda menjual produk yang bisa dilihat, sebuah foto (yang asli, bukan direkayasa) menjadi hal wajib. Mengapa? Karena manusia sangat memercayai indra penglihatannya. Peluang untuk membeli akan lebih tinggi jika Anda mengunggah foto di samping deskripsi produk yang Anda jual. Oleh karena itu gunakan jasa fotografi profesional jika dana memungkinkan.

Poin 2: Kontak lengkap

Berikan alamat kontak yang jelas dan bisa didatangi secara fisik karena karakter masyarakat kita yang masih belum percaya sepenuhnya pada toko online yang tidak memberikan alamat yang jelas. Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Anda bisa berikan nomor telepon, nomor ponsel, PIN BlackBerry, alamat surel, Yahoo Messenger dan sebagainya.

Poin 3: Respon cepat

Saat calon pembeli menghubungi via telepon, SMS, BBM, atau YM jangan menunda untuk memberikan respon. Segera berikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk. Dengan mengabaikan mereka, peluang untuk mereka kembali lagi akan makin kecil.

Poin 4: Balas calon pembeli meski terlambat

Seperti sudah dikemukakan tadi, kecepatan sangat penting dalam merespon. Dan yang penting, meski terlambat pun cobalah untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Siapa tahu itu potensi besar? Tak jarang banyak orang yang setia menunggu tanggapan Anda tetapi sudah lupa karena padatnya aktivitas.

Poin 5: Miliki banyak rekening bank

Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer pembayaran. Jangan sampai Anda mengandalkan hanya satu bank saja. Setidaknya miliki satu rekening di bank swasta nasional dan satu lagi bank pemerintah. Makin banyak alternatif yang memudahkan, makin bagus.

Poin 6: Hindari perang harga

Perang harga memang menyenangkan bagi konsumen dalam jangka pendek. Anda juga bisa meraup lebih banyak pelanggan. Tetapi ini bukan hal yang akan membawa kesuksesan dalam jangka panjang apalagi jika harga yang murah membuat kualitas produk atau layanan Anda memburuk. Usahakan kualitas tak terpengaruh secara signifikan oleh patokan harga yang rendah.

Poin 7: Berikan kepastian dan tepati

Transparansi mengenai stok barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan pembeli merupakan sebagian hal yang diinginkan kepastiannya dari seorang penjual di toko online. Jangan mempermainkan pelanggan dengan memberikan ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa ditepati. Reputasi usaha akan hancur lambat laun. Beri kepastian kapan barang sampai. Bila perlu berikan nomor resi pengiriman barang agar si pembeli bisa
periksa keberadaan barangnya via kantor ekspedisi yang dipakai kita.

Poin 8: Petunjuk pembelian yang jelas

Setiap toko online memiliki cara pembelian yang kadang berbeda. Untuk hindari kebingungan, jelaskan cara membeli dengan sebaik-baiknya. Misalnya setelah tertarik membeli produk tertentu, calon pembeli bisa mengirimkan SMS dengan aturan/ kode tertentu atau mengirimkan sejumlah dana dengan aturan tertentu. Itu semua terlihat remeh tetapi cukup rumit di pelaksanaannya.

Poin 9: Perincian harga barang dan ongkos kirim

Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Karena kadang ada perbedaan jarak yang menyebabkan perbedaan tarif pula. Jangan sampai merugikan salah satu pihak. Setelah calon pembeli pesan produk, berikan konfirmasi mengenai harga dan ongkos kirim.

Poin 10: Update terus menerus

Apa yang terpikir saat kita membuka toko online yang informasinya sudah begitu lama tidak diperbarui. Mungkin satu bulan, dua bulan atau 6 bulan. Makin lama Anda tidak memperbarui situs toko online Anda dengan sesuatu yang baru, makin rendah minat konsumen untuk datang apalagi bertransaksi. Adanya pembaruan menandakan adanya denyut kehidupan dalam bisnis Anda. Setidaknya jika memang stok terbaru belum ada, berikan secara rutin informasi-informasi
menarik dan ringan bagi pengunjung.

Poin 11: Desain dan navigasi yang ramah

Ramah di sini tentu dimaksudkan untuk pengunjung. Desain tak perlu ngejreng atau glamor, yang terpenting adalah fungsionalitasnya. Apakah pengunjung yang gaptek sekalipun bisa menjelajahi situs toko online Anda dengan baik? Jika iya, selamat. Situs Anda berpeluang lebih tinggi jaring pembeli. Desain yang digunakan juga tentukan kecepatan loading laman web toko online. Konsep desain yang sederhana lebih bermanfaat. Apalagi jika calon pembeli banyak yang mengakses dari ponsel. Anda perlu menyiapkan pula versi mobile situs toko online Anda. Ini akan membuka pintu bagi para calon pembeli yang suka menggunakan ponsel untuk mengakses situs Anda.(*AP)
 
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/178-bisnis-online/15120-11-kunci-sukses-bisnis-toko-online.html

No comments:

Post a Comment