Wednesday, March 7, 2012

Membangun Budaya Inovasi dalam Tim Startup

Membangun Budaya Inovasi dalam Tim Startup Views :516 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 07 Maret 2012 13:10
CE-logoPerusahaan manapun, baik yang masih sehijau startup atau yang sudah berskala raksasa, membutuhkan inovasi dalam semua aspek. Tak hanya dalam hal produk, layanan atau teknologi. Namun banyak juga manajer yang tidak berinovasi saat bekerja karena mereka berpikir mencari inovasi bukan pekerjaan mereka.

Berikut ialah tiga trik sederhana namun jitu yang bisa Anda gunakan untuk membangun sebuah budaya inovasi yang kuat dalam tim startup Anda:

Implementasikan sebuah inovasi yang bisa langsung diterapkanSebagai sebuah tim, temukanlah ide-ide yang akan mengurangi pengeluaran, menghemat waktu, atau meningkatkan layanan pelanggan. Pilih salah satu untuk diimplementasikan dengan baik dan benar agar Anda bisa menunjukkan dengan bangga keberhasilan kecil itu. Karena keberhasilan kecil jika dilakukan secara terus menerus bisa menelurkan keberhasilan besar.

Temukan tujuan ambisius

Setelah tim Anda memiliki kepercayaan diri dalam kemampuannya untuk berinovasi, tetapkanlah sebuah tujuan yang cakupannya lebih besar dan tinggi. Bisakah Anda mengurangi biaya hingga 50%? Bisakah Anda menggabungkan layanan untuk membantu pelanggan?

Tak henti-hentinya mendukung inovasi

Masukkan “inovasi” sebagai salah satu kategori dalam evaluasi kinerja Anda. Akuilah dan hargai kerja keras para kolega yang mau mencoba pendekatan-pendekatan baru bahkan jika hasilnya masih belum mendekati apa yang diharapkan. Dan berikan orang waktu untuk berpikir dan bereksperimen. (*/Diadaptasi dari “Innovation is Everyone’s Job” oleh Ron Ashkenas/AP)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/178-bisnis-online/15026-3-trik-tingkatkan-inovasi-dalam-tim-startup-.html

No comments:

Post a Comment