Monday, September 3, 2012

Tujuh Jurus Bebas dari Utang

Hits : 369 PDF Cetak E-mail
Senin, 03 September 2012 09:18
utang0912
Tidak sedikit orang merasa kesulitan membebaskan diri dari jeratan utang. Jika pandai mengelola keuangan, Anda dapat segera bernapas lega karena terbebas dari utang, sekaligus mengembalikan keadaan finansial ke jalur yang benar.

Nah, berikut ini adalah sejumlah jurus yang dapat diterapkan untuk melepaskan diri dari belitan utang:

1. Menilai kondisi keuangan

Untuk membebaskan diri dari jerat utang dan melunasinya, Anda perlu mengetahui berapa jumlah total utang yang dimiliki, berikut tingkat suku bunganya. Keluarkan semua kertas tagihan Anda dan tulis daftar untuk menentukan berapa banyak utang Anda sesungguhnya. Begitu mengetahui jumlah utang keseluruhan, Anda bisa mulai membuat rencana untuk melunasinya.

2. Prioritaskan pembayaran

Anda harus bisa memprioritaskan kebutuhan agar dapat mengetahui pengeluaran mana yang harus dibayar lebih dulu. Misalnya, Anda membutuhkan rumah. Jadi, masuk akal apabila memprioritaskan pembayaran hipotek atau sewa rumah terlebih dulu. Anda juga membutuhkan listrik, air, dan telepon sehingga membayar tagihannya juga perlu diprioritaskan. Sementara itu, utang-utang lainnya seperti utang kartu kredit atau cicilan furnitur dan perangkat elektronik misalnya, menempati urutan kesekian.

3. Penghasilan ekstra

Setelah mengetahui jumlah utang secara keseluruhan, Anda perlu mencari tahu ke mana larinya uang sehingga dapat memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan uang yang tersisa untuk membayar utang. Selain itu, temukan cara untuk mendapatkan penghasilan ekstra.

4. Lunasi utang kartu kredit

Kunci untuk membebaskan diri dari utang kartu kredit adalah membayarnya dengan jumlah di atas pembayaran minimum yang ditetapkan. Cara lain untuk melunasi utang kartu kredit adalah lewat program transfer balance, yakni memindahkan saldo tagihan kartu kredit kepada kartu kredit terbitan bank atau lembaga keuangan lain yang lebih rendah.

5. Tahan nafsu belanja

Cara tercepat untuk memperbaiki kondisi finansial Anda adalah dengan tidak menghambur-hamburkan uang. Hindari membawa kartu kredit saat berbelanja, lalukan pembayaran dengan uang tunai, bayar tagihan kartu kredit tepat waktu, dan lain sebagainya.

6. Rencana pengeluaran

Bikin rencana pengeluaran bulanan yang berisi rincian perkiraan pengeluaran Anda setiap bulannya. Dengan membuat timeline, Anda bisa mengawasi jumlah uang masuk dan keluar, sekaligus memangkas kebutuhan yang tidak diperlukan jika telah menghabiskan uang lebih banyak daripada yang direncanakan.

7. Berkorban

Jika Anda tetap tidak menemukan cara untuk menghasilkan lebih banyak uang dan mulai melunasi utang, perlu ditempuh cara lain yang lebih ekstrim. Misalnya, pindah ke rumah yang lebih sederhana, mengganti kendaraan dengan yang lebih terjangkau, atau memasukkan anak ke sekolah negeri daripada sekolah swasta. Dengan begitu, dana yang tersisa bisa digunakan untuk melunasi utang, dan Anda pun mendapatkan kesempatan untuk menata ulang kehidupan finansial. (*/mediaindonesia.com)

http://ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/209-personal-finance/19729-tujuh-jurus-bebas-dari-utang.html

3 comments:

  1. Halo Setiap tubuh,

    Nama saya adalah Ibu Monica Roland. Saya tinggal di London Inggris dan saya seorang wanita senang hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi kita miskin, saya akan merujuk setiap orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi saya kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman sebesar $ 250,000.00 untuk memulai hidup saya seluruh karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak-anak saya bertemu takut orang yang jujur dan ALLAH pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman Dolar AS $ 250.000,00, ia adalah seorang ALLAH takut, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman silahkan menghubungi dia katakan padanya bahwa Ibu Monica Roland yang merujuk Anda kepadanya. hubungi Mr Mr James Tulang melalui email: (bestloansfinance02@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. Cheers! Cheers! Hore teman terkasih, apakah Anda membutuhkan pinjaman atau sedang mencari cara untuk mendapatkan satu, atau mungkin anda ditolak oleh bank karena status kredit yang buruk, dan mereka menolak untuk memberikan, dan sekarang Anda berpikir bahwa semua harapan hilang , tidak, sayangku semua harapan tidak hilang. Ada datang solusi tempat untuk semua kekhawatiran Anda dan kecemasan. Berikut adalah perencana utama ALIANSI PERTAMA PINJAMAN PERUSAHAAN. Kami menawarkan pinjaman kami dengan bunga 2% untuk semua atau orang, perusahaan atau perusahaan. Anda dapat menghubungi kami hari ini di (firstalliancesloanfirm@gmail.com) untuk mudah dan dapat diandalkan kredit, tugas kita untuk membantu Anda keluar dari situasi dan mengakhiri kecemasan dan kecemasan

    Email: firstalliancesloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Adakah anda memerlukan pinjaman? telah bank menafikan anda pinjaman, kami berada di sini untuk membantu anda dari segi kewangan, untuk mendapatkan pinjaman segera anda apa-apa amaun di mana-mana destinasi. kebahagiaan anda adalah keutamaan kami. semua yang anda perlu lakukan sekarang adalah untuk e-mel kami melalui (daviesruthfirm@gmail.com)

    ReplyDelete