Thursday, September 13, 2012

5 Langkah Cepat Terbebas dari Utang


Angga Aliya - detikfinance
Kamis, 13/09/2012 08:13 WIB
 

img
Jakarta - Saat Anda merasa sudah waktunya untuk bebas dari lilitan utang, saat itu juga Anda harus mulai menyiapkan rencana pembayaran. Sangatlah penting untuk menyadari bahwa dibutuhkan kerja keras untuk bisa benar-benar terbebas dari utang.

Nah, beberapa langkah ini akan membantu Anda untuk mempercepat proses penyusunan rencana pembayaran. Jika Anda konsisten dan disiplin, maka Anda akan semakin cepat terbebas dari utang.

Mari kita lihat langkah pertama, seperti dikutip detikFinance dari About.com, Kamis (13/9/2012).
 

1. Langkah Pertama

img
Pertama-tama, yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar seluruh utang yang Anda punya. Dalam daftar tersebut juga harus Anda masukan jumlah pembayaran minimum, tingkat bunga masing-masing utang dan berapa uang yang Anda punya.
 

2. Langkah Kedua

img
Kedua, Anda harus menyusun daftar utang itu dimulai dari yang prioritas dilunasi. Sebagai contoh, Anda bisa menyusunnya berdasarkan jumlah utang dari yang paling besar ke paling kecil, atau bisa juga berdasarkan tingkat bunganya. Keduanya hampir sama, sesuaikan saja yang menurut Anda paling tepat.

3. Langkah Ketiga

img
Anda harus menentukan berapa besar uang yang bisa Anda keluarkan untuk bayar utang tiap bulan. Anda mungkin harus memotong anggaran di beberapa pos belanja demi mempercepat pelunasan utang.

Atau Anda juga bisa mengambil kerja sampingan atau kerja lembur di kantor. Ada baiknya juga mengalokasikan seluruh dana yang didapat selain gaji, seperti bonus, tunjangan, komisi dan lain-lain untuk dilarikan ke pembayaran utang.

4. Langkah Keempat

img
Prioritaskan dana yang sudah Anda siapkan untuk membayar utang yang berada di peringkat pertama daftar Anda tadi. Jika masih ada sisa, bisa digunakan untuk bayar utang yang berikutnya. Usahakan bisa membayar lebih tinggi dari batas minimum pembayaran per bulan. Lakukan hal ini dengan disiplin dan seksama dalam beberapa bulan ke depan.


5. Langkah Kelima

img
Nah, untuk sisa dana yang tidak terpakai setelah membayar kewajiban bulanan, bisa dimasukkan ke tabungan. Lambat laun, konsep ini akan berjalan dengan sendirinya dan tanpa sadar utang Anda akan lunas dalam waktu yang cukup singkat. Jika seluruh utang sudah lunas, jangan diulangi lagi kebiasan berutang ini.
 
 
http://finance.detik.com/read/2012/09/13/081341/2016721/4/5-langkah-cepat-terbebas-dari-utang

No comments:

Post a Comment