Friday, September 7, 2012

Mengapa Samsung Tak Mudah Tumbang oleh Apple

Amankan Bisnis
Mengapa Samsung Tak Mudah Tumbang oleh Apple PDF Cetak E-mail
Jumat, 07 September 2012 09:10
Baliklah ponsel Android Anda dan kemungkinan besar Anda akan menemukan logo Samsung di baliknya. Seperti yang sudah Anda dengar, Samsung baru-baru ini kalah dalam kasus perseteruan dengan Apple.

Singkatnya, pengadilan AS memutuskan bahwa Samsung terbukti sudah meniru desain Apple dan maka dari itu harus membayar lebih dari 1 miliar dollar AS sebagai ganti ruginya.

Lalu mengapa Apple tidak menyerang pemilik Android saja, Google? Karena dengan menyerang Samsung yang lebih lemah dari Google, tujuan Apple untuk mendorong Google mendesain ulang paten software yang telah dilanggarnya pun tercapai sudah.

Sementara itu, Apple hendak menghambat penjualan sejumlah ponsel Samsung: Galaxy S, Galaxy S2, Galaxy Prevail dan Droid Charge. Dan proses peradilan terpisah akan dilaksanakan bulan Desember mengenai kasus ini.

Apple memenangkan kasus gugatannya di Pengadilan Distrik AS pada 24 Agustus 2012 dan masih ada sejumlah kasus lain yang masih tertunda di seluruh dunia. Hari berikutnya, Samsung terpukul di pasar saham dan mengalami penurunan harga saham hingga 7,5%. Namun, dalam seminggu setelah penurunan substansial itu, Samsung bangkit dan melampaui persentase penurunan tersebut.

Samsung ternyata bukan sekadar ponsel. Mungkin itu pesan yang bisa kita tangkap. Meski terpukul di sektor ponsel, Samsung bukan hanya sebuah pabrik penghasil ponsel pintar seperti Apple. Lingkup bisnis Samsung tak hanya ponsel Android. Secara global, Samsung masih perusaahaan besar dengan tingkat profitabilitas yang tinggi. Samsung Electronics yang dituntut Google dan kalah tersebut hanya sebuah anak perusahaan dari kerajaan bisnis Samsung di Korsel. Samsung Electronics juga membuat televisi lebih banyak dari perusahaan manapun di muka bumi kecuali Intel. Dan semua itu bahkan lebih menguntungkan dari smartphone.

Dan tak hanya itu, Samsung Group yang menjadi induk perusahaan Samsung Electronics adalah perusahaan raksasa kedua terbesar di dunia yang menguasai pasar produksi kapal dunia, menguasai bidang konstruksi dan teknologi senjata yang canggih dan modern. Kehilangan 1 miliar dollar AS untuk diberikan secara cuma-cuma bagi Apple tak cukup meruntuhkan kekokohan Samsung secara keseluruhan. (Investopedia/*AP)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis.html?start=5

No comments:

Post a Comment