Friday, September 21, 2012

Pulihkan Bisnis Keluarga yang Sekarat

Hits : 1091 PDF Cetak E-mail
Kamis, 20 September 2012 15:45
Apakah Anda sekarang memiliki bisnis keluarga? Anda memiliki kakek/nenek atau orang tua yang sudah mendirikan usaha dengan susah payah dan akan mewariskannya untuk Anda, tetapi sayangnya keadaan bisnis itu sedang kurang bagus, atau malah memasuki masa kelam dan hampir bangkrut. Semoga tidak demikian. Namun jika betul, jangan cemas. Inilah langkah yang bisa dilakukan untuk segera menggairahkan kembali usaha keluarga yang lesu darah.


Revitalisasi
Maksudnya anda harus mendefinisikan kembali alasan pendirian dan berjalannya bisnis keluarga itu dengan konteks sekarang. Sering bisnis keluarga adalah bisnis yang sudah berusia lama. Dan banyak usaha keluarga yang kehilangan relevansi dengan masa kini karena prinsip-prinsip mereka dalam menjalankan bisnis juga sudah usang.

Tugas Anda adalah memperbarui semua pondasi bisnis yang ada dan sudah mulai keropos itu. Percuma jika Anda menginginkan modal atau berekspansi atau solusi lain, selama akar masalahnya belum dicabut. Temukan alasan mengapa bisnis itu didirikan, jika memang sudah tidak relevan, perbarui supaya relevan. Setelah itu, baru Anda melangkah ke hal-hal lain.

Institusionalisasi
Terdengar rumit, tetapi intinya Anda perlu membuat pamor dan reputasi serta nama baik yang sudah dipupuk selama ini oleh generasi sebelum kita harus tecermin dalam bisnis keluarga tersebut. Sehingga jika kelak Anda benar-benar sudah memegang kendali, semua pelanggan tidak meninggalkan perusahaan Anda.

Untuk itu, Anda perlu mempelajari nilai-nilai dasar apa saja yang dimiliki generasi sebelumnya sehingga bisnis mereka berjaya di masa lalu. Pertahankan nilai-nilai yang abadi itu dan bawalah ke masa kini untuk diwujudkan dalam perusahaan. Tujuannya agar nama baik dan reputasi itu tak cuma melekat di nama si pendiri atau generasi sebelumnya tetapi juga perusahaan dan mereka semua yang berada di dalamnya serta produk yang dijualnya. (*AP)

Sumber gambar:
rietmark.wordpress.com

http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/20240-pulihkan-bisnis-keluarga-yang-sekarat.html

No comments:

Post a Comment