TAWARAN KEMITRAAN KULINER: Es teh
Oleh Noverius Laoli - Rabu, 12 September 2012 | 14:21 WIB
Es teh manis merupakan minuman yang sangat populer di Indonesia. Minuman
ini digemari karena rasanya yang menyegarkan dapat mengobati dahaga,
terutama kala terik matahari menyengat. Lantaran peminatnya banyak,
pengusaha minuman ini pun terus bermunculan. Salah satunya adalah Iwan
Iswanto yang mengusung merek Es Teh Q di Surabaya.
Usaha yang
didirikan satu tahun lalu ini, awalnya hanya diperuntukkan bagi bisnis
keluarga dan kerabat dekat saja. Namun, sejak beberapa bulan terakhir,
Iwan memutuskan untuk menawarkan kemitraan ke publik.
Iwan
mengklaim, produk minuman es tehnya higienis karena diracik sendiri dari
teh murni. Minuman es teh dibanderol mulai Rp 2.500 hingga Rp 3.000 per
gelas. "Harganya terjangkau kantong masyarakat menengah bawah,"
katanya.
Saat ini, Iwan sudah memiliki lima gerai. Dua gerai di
antaranya milik sendiri dan sisanya milik mitra usaha. Bagi yang
tertarik menjadi mitra Es Teh Q, Iwan menawarkan satu paket kemitraan
dengan biaya investasi Rp 1,5 juta.
Dengan modal sebesar itu, mitra akan mendapatkan satu unit meja lipat yang berfungsi sebagai booth, teko, boks es batu, stoples gula, tempat sedotan, dan 100 buah gelas.
Selain
itu, ada juga pelatihan cara pembuatan tes dan pengelolaan bisnis. Iwan
mengatakan, mitra bisa menjual rata-rata 150 gelas hingga 200 gelas per
hari dengan omzet sekitar Rp 250.000 per hari. Dalam sebulan, mitra
bisa meraup omzet sekitar Rp 7,5 juta. Dengan laba sekitar 50% dari
omzet maka mitra bisa balik modal dalam waktu satu bulan.
Berdasarkan
pengalamannya selama ini, lokasi berjualan es teh tidak harus menetap
pada suatu tempat dalam waktu lama. Paling lama empat bulan harus pindah
jika tempat itu sudah tidak menjanjikan lagi.
Namun, Iwan
menyarankan mitra mencari lokasi di tempat keramaiandan berjualan saat
ada acara-acara tertentu. "Dengan demikian penjualan mitra bisa
melonjak," ujarnya.
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/peluang-bisnis-es-teh-manis
No comments:
Post a Comment