Friday, September 28, 2012

Cara Mudah Memasarkan Bisnis Kecil Anda


Hits : 814 PDF Cetak E-mail
Kamis, 27 September 2012 11:52
pemasaran0412
Ketika Anda memulai bisnis baru, Anda perlu mengembangkan basis pelanggan melalui pemasaran. Pemasaran terdiri dari merek, iklan, promosi dan hubungan masyarakat. Pemasaran juga kadang-kadang berbicara tentang produk, harga, promosi dan penempatan. Dengan penelitian yang baik, Anda dapat mengembangkan cara pemasaran bisnis kecil dengan pengeluaran yang masuk akal.

Berikut beberapa instruksi yang harus Anda lakukan:

1. Riset pasar

Melalui wawancara, kuesioner, survei dan sebagainya buatlah analisis pasar untuk bisnis Anda. Ketahuilah kelompok demografis yang paling tertarik dengan produk atau jasa Anda. Dengan riset pasar, Anda akan dapat mengetahui berapa harga yang layak untuk produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Tetapkan anggaran pemasaran

Alokasikan dana untuk kemasan, iklan, promosi, dan publisitas. Ingatlah, bisnis terkecil pun perlu memiliki dana untuk brosur, kartu bisnis, dan promosi lainnya.

3. Pasarkan dari mulut ke mulut

Cara termurah untuk mempromosikan bisnis Anda adalah dari mulut ke mulut. Beritahu semua keluarga dan teman-teman tentang bisnis baru Anda dan mendorong mereka untuk memberitahu teman-teman mereka.

4. Membuat website untuk bisnis kecil Anda

Jika Anda tidak mampu untuk menyewa seorang desainer web, mintalah bantuan kepada teman atau anggota keluarga untuk membantu Anda membuat sebuah website bisnis. Meski website tersebut hanya untuk bisnis kecil, pastikan bebas dari kesalahan ketik, link yang rusak, atau apa pun yang akan membuatnya tampak tidak profesional. Gunakan hosting yang handal agar website Anda mudah dilihat.

5. Akrab dengan media

Temukan cara untuk diwawancarai oleh surat kabar atau lembaga penyiaran lokal. Buatlah diri Anda mudah diakses mereka. Promosikan diri Anda sebagai seorang ahli di bidang Anda, dan akan tersedia untuk wawancara kapan saja. (*/AS)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/20398-cara-mudah-memasarkan-bisnis-kecil-anda.html

No comments:

Post a Comment