Saturday, September 22, 2012

Jangan Memulai Bisnis Online dengan Domain Gratis

Hits : 1489 PDF Cetak E-mail
Jumat, 21 September 2012 13:24
domain
Saat ini, bisnis dengan menggunakan media internet mulai menjamur. Namun, ketika Anda ingin memulainya harus dengan persiapan yang benar-benar matang. Banyak yang berpikir domain gratis bisa dijadikan alternatif untuk menghemat biaya. Tapi percayalah, bila Anda tidak mampu membeli domain dengan harga sekira Rp 100 ribu per tahun, janganlah memulai sebuah bisnis, apalagi toko online.

Seperti dilansir Majalah Info Komputer, janganlah meremehkan sebuah nama domain. Sebab, ini merupakan mata rantai paling utama yang menggabungkan semua elemen bisnis online Anda, mulai dari nama, alamat, merek, citra perusahaan, atau alamat e-mail. Keseragaman dari keseluruhan elemen tersebut akan membentuk citra tersendiri, dan mempermudah pelanggan untuk berkomunikasi dengan Anda.

Selain itu, domain gratis biasanya juga memiliki beberapa kelemahan. Misalnya tampilan iklan di halaman situs Anda. Ini bukan hanya mengganggu, tapi juga akan “merusak” citra perusahaan. Sebab, para pengunjung akan mengesankan bisnis Anda “kurang mampu.”

Belum lagi domain gratis yang juga sering disalahgunakan oleh spam bot, untuk menyebarluaskan konten yang tidak sesuai aturan. Akibatnya, domain Anda bisa dianggap sebagai salah satu bagian dari para spammer dan akan diperlakukan dengan tidak seharusnya.

Karena itu, pastikan bahwa nama domain telah terdaftar dengan nama Anda pribadi, atau nama perusahaan.

Untuk urusan administrasi dan teknis, biasanya penyedia layanan domain registrar bisa membuatkan sub-account. Ini akan memperbolehkan tim atau staf Anda mengutak-atik domain settings, tanpa mengambil alih kepemilikan. Apabila domain sudah di tangan, pemilik bisa saja berpindah dari layanan satu ke lainnya, tanpa ada kekangan. (*/AS)


No comments:

Post a Comment