Hits : 802 |
Kamis, 06 September 2012 13:14 |
Apakah
para pesaing Anda dengan agresif menggeser posisi Anda di pasar? Mungkin
itu karena Anda kurang mengikuti perkembangan yang terjadi. Akibatnya,
Anda kurang tanggap dalam menghadapi maneuver pesaing dan akhirnya
terperosok. Tak ada yang menginginkan ini terjadi pada bisnis mereka
bukan?
Lalu apa yang
bisa entrepreneur dan pemilik bisnis lakukan untuk selalu unggul dalam
persaingan? Secara umum, disarankan untuk selalu mengetahui dna
mempelajari gerak-gerik pesaing bisnis, dan yang paling penting rencana
dan strategi bisnis apa yang akan mereka terapkan. Ini karena jika Anda
tak mengetahui pesaing dengan baik, Anda akan kesulitan dalam
menempatkan diri di pasar dan menjadi berbeda dan lebih baik dari
pesaing yang sudah ada dan mapan. Simak tips dari Mike Lieberman dan
Eric Keiles berikut ini agar Anda tak lagi ketinggalan dari para
pesaing:
Periksa situs mereka seminggu sekali
Setidaknya
seminggu sekali Anda perlu mengunjungi dan membaca dengan cermat berita
apa yang muncul dalam situs bisnis pesaing Anda. Mayoritas entrepreneur
di abad digital seperti sekarang telah melek Internet sehingga mereka
juga akan memperbarui konten dalam situsnya secara berkala agar konsumen
juga terus berdatangan. Situs juga sering menjadi tempat awal kegiatan
bisnis terjadi. Dengan mengamati situs pesaing, Anda dapat menemukan
produk dan layanan terbaru mereka, atau pengumuman yang mereka rilis
untuk para pelanggan. Itu semua penting untuk diketahui.
Jangan lupa mendaftar newsletter via email
Sebagian besar
perusahaan memiliki newsletter yang dikirimkan via email kepada para
klien dan calon konsumen. Dengan alamat email gratisyang bisa didapatkan
sekarang, Anda tak akan terlalu sukar mendaftar newsletter di situs
pesaing dan mengetahui pembaharuan terkini tentang bisnis dan perusahaan
mereka di kotak masuk surat elektronik Anda.
Ikuti mereka di jejaring sosial
Jejaring
sosial menjadi arena berikutnya tempat Anda bisa mengintai pesaing
dengan sangat mudah. Di arena terbuka ini, hamper semua perusahaan
memiliki akunnya sendiri dan bisa diakses secara bebas dan jika Anda
hendak mengetahui apa yang para pesaing Anda katakan selama berinteraksi
di jejaring social , Anda bisa membaca update atau tweet mereka
kapanpun di manapun.
Daftar di Google Alerts
Setiap hari
Google memindai dunia maya untuk Anda dan email yang Anda perbarui yang
berhubungan dengan kata kunci tertentu. Ini merupakann cara termudah
untuk selalu bisa mengamati gerak-gerik pesaing Anda dan mengetaui apa
yang orang katakan mengenai Anda dan perusahaan Anda. Anda juga bisa
dengan mudah mengetahui apa yang sedang dibicarakan orang mengenai
pesaing Anda.
Tanyalah para konsumen potensial
Sebagian orang
merasa kurang nyaman untuk datang dan bertanya secara langsung tetapi
konsumen potensial biasanya tak begitu segan memberikan Anda komentar
mengenai pesaing. Ingat saja bahwa mereka mungkin membicarakan mengenai
Anda juga sehingga pastikan bahwa tidak ada komentar atau ucapan negatif
yang terlontar.
Ingatlah untuk
mencoba dan mengamati pesaing dari sudut pandang konsumen. Misalnya
jika pesaing Anda menjanjikan perbaikan dalam jangka waktu 24 jam dan
Anda mengetahui bahwa sukar bagi mereka untuk mewujudkan janji itu tepat
waktu, jangan remehkan fakta tersebut. Konsumen Anda tak mengetahui apa
yang Anda lakukan dan mungkin akan tertarik pada aspek kecepatan
layanan. Dalam pemasaran, jika seseorang mengatakan suatu janji, maka
itu benar adanya, meski dalam benak si konsumen.
Sumber gambar:
retaildoc.com
|
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/19840-5-cara-memantau-pesaing-berat-bisnis-anda.html
No comments:
Post a Comment