Thursday, September 20, 2012

Peluang usaha kursus memasak masih sedap

BISNIS IKM

Peluang usaha kursus memasak masih sedap

Maraknya usaha kuliner membawa dampak positif bagi bisnis kursus memasak. Sebab, dengan maraknya usaha kuliner, kebutuhan akan keahlian memasak pun terus meningkat. Kondisi ini mendorong munculnya lembaga kursus memasak.
Salah satu pemilik lembaga kursus memasak ini adalah Jaka Permana yang mengusung brand Usaha Kursus Kuliner Mandiri, asal Kopo, Bandung, Jawa Barat. Jaka memberikan kursus atau pelatihan memasak dengan mendatangi langsung pihak yang membutuhkan pelatihan.
Menurut Jaka, mengikuti kursus dan membuka usaha kuliner sendiri lebih menjanjikan ketimbang membeli paket usaha yang mahal dari para franchisor. "Dengan mengikuti pelatihan kami, seseorang bisa menjadi pengusaha kuliner yang mandiri," klaim Jaka berpromosi.
Jaka menyediakan pelatihan memasak dengan beberapa pilihan menu, seperti bakso spesial, soto ayam surabaya, bakso malang, ayam goreng plus sambal spesial, dan bubur ayam spesial. "Kami akan mengajarkan para karyawan atau pemilik usaha sampai bisa, termasuk rahasia agar makanan kuliner ini tetap menarik bagi konsumen," papar Jaka.
Biaya mengikuti pelatihan di tempat Jaka tidak terlalu mahal. Untuk paket soto ayam dan bubur ayam dibanderol Rp 500.000 sekali pelatihan. Sementara kursus bakso dipungut biaya Rp 1 juta. Paket kursus bakso lebih mahal karena jenis makanan ini memiliki banyak rahasia dan laris di pasaran. "Kami jamin dalam satu hari karyawan bisa mempelajarinya," imbuhnya.
Kalau pun belum bisa, maka akan diajarkan lagi sampai benar-benar mahir tanpa memungut biaya lagi. Dia pun mengaku terbuka memberi konsultasi seputar metode memasak.
Dalam sebulan, Jaka bisa memberikan pelatihan rata-rata 10 sampai 15 kali. Dari usaha ini, ia mengklaim bisa meraup omzet sekitar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta per bulan. Laba bersih yang diperoleh cukup tinggi, mencapai sekitar 70% dari omzet. "Labanya besar karena modal utamanya adalah keahlian," ujarnya.
Selain pelatihan memasak, Jaka juga akan mengajarkan metode membuka usaha agar bisa lebih menarik banyak orang. Ia mengklaim, sudah ada beberapa usaha kuliner di Kota Bandung yang sukses berkat sentuhannya. "Salah satunya adalah Bakso Jablay yang terkenal di Kota Bandung," klaimnya.

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/peluang-usaha-kursus-memasak-masih-sedap

No comments:

Post a Comment