Tuesday, March 6, 2012

Raup Rupiah dari Bisnis Distro



Views :1084 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 06 Maret 2012 09:10
Perkembangan dunia fesyen membuat sebagian anak muda kreatif untuk mengembangkan bakat dan hobinya, khususnya bakat usaha yang berkaitan dengan kegemaran dan gaya berpakaian. Di saat menjamurnya produk-produk impor seperti dari cina, kalangan muda tersebut bisa menciptakan karya yang patut di banggakan oleh Indonesia.

distro0312Saat ini sudah banyak menjamur usaha distro yang menandakan kreativitas anak muda Indonesia. Dilihat dari segi kualitas, pakaian distro lokal tidak kalah dengan pakaian dari merek luar negeri.

Melihat perkembangan dunia distro yang begitu pesat dan sangat menjanjikan membuat Anindra A Damayanti tertarik membuka usaha distro. Mahasiswa kelahiran Semarang ini, mulai membuka usaha distro sejak 2008 lalu dan diberi nama A&B Distro di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 6, Makassar. Awal membuka usaha dibantu oleh 4 temannya yang juga mempunyai ide sama untuk membuka usaha distro.

"Saya tertarik membuka distro saat masih tinggal di Semarang. Setelah saya berbincang dengan teman satu jurusan, saya berinisiatif membuka usaha distro di Makassar," Ujar mahasiswa S2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Pada saat bersamaan kampus merah membuka peluang untuk pengajuan modal usaha. Akhirnya ia membuat proposal usaha dan mengajukan kepada pihak kampus bersama teman-temannya. Proposal pun bisa diterima dan mendapatkan sumbangan dana sebesar Rp45 juta.

"Modal bantuan itu, sebagai modal awal untuk memulai usaha distro," kata Anindra.

Menurutnya, modal dari proposal tersebut untuk menambah modal yang sudah dimiliki. Karena sudah lama menetap di Jawa, Anindra tidak kesulitan untuk mendapatkan produk distro dari Jawa, khusunya dari Bandung, kota pelopor distro di Indonesia.

"Saya sudah mempunyai relasi saat di Semarang. Relasi inilah yang saya manfaatkan untuk menjadi supplier di distro yang saya buka di Makassar," ungkapnya.

Menurutnya produk distro dari semua pakaian yang ada di distro miliknya seluruhnya dari Jawa. Karena kualitasnya bagus dan modelnya sungguh sangat menarik dan memuaskan.

Selain mendapatkan barang dari relasinya, Anindra juga menawarkan beberapa produk atau item barang terbatas yang hanya ada satu di tokonya.

"Barang limited edition kami produksi sendiri, tapi jumlahnya tidak banyak," tuturnya.

Soal harga, A&B Distro ini menawarkan harga spesial dan terjangkau bagi kalangan mahasiswa. Sebuah kaos di berandol sekira Rp40 ribu hingga Rp90 ribu. Beda lagi dengan harga topi, dompet, dan celana. Wanita ini menetapkan harga sekira Rp80 ribu hingga Rp200 ribu.

Serius dalam melakoni usahanya, keuntungan pun dapat diperoleh Rp4-5 juta per minggunya. Keuntungan itu dapat diraih karena lokasinya sangat strategis, berada di sekitar kampus.

"Menbuka Usaha di sekitar kampus sangat menguntungkan, karena banyak anak muda, khususnya kalangan mahasiswa untuk selalu tampil modis," terang Anindra. (*/ujungpandangekspres.com)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/entrepreneur/nasional/wanita/14984-raup-rupiah-dari-bisnis-distro.html

No comments:

Post a Comment