Thursday, December 1, 2011

Mengenal Seluk Beluk Rencana Pemasaran



Views :208 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 01 Desember 2011 09:19
rencana1211Pemasaran merupakan ujung tombak bagi perusahaan. Oleh sebab itu, penting adanya rencana pemasaran untuk menunjang kesuksesan perusahaan. Secara sederhana, rencana pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu bagan dari desain untuk mencapai suatu tujuan menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap menguntungkan perusahaan. Atau dalam konsep pemasaran saat ini, suatu hubungan yang saling menguntungkan. Rencana pemasaran berisikan rencana tindakan (siapa yang melakukan apa dan kapan) dan visi, tujuan strategis, tujuan, serta sasaran.

Empat tujuan yang biasa ditetapkan perusahaan ialah maksimalisasi penjualan, maksimalisasi keuntungan, maksimalisasi pengembalian investasi, dan minimalisasi biaya.

Proses perencanaan pemasaran terbagi dalam lima langkah, yaitu: langkah pertama adalah sasaran keuangan perusahaan, langkah kedua adalah audit manajemen, langkah ketiga adalah penetapan sasaran dan strategi, langkah keempat adalah eksekusi, dan langkah terakhir adalah penelaahan hasil. Rencana pemasaran menentukan di mana perusahaan saat ini, ke mana akan pergi, dan bagaimana untuk mencapainya; rencana harus menjadi acuan bagi semua keputusan organisasi yang akan diambil.

Rencana pemasaran terletak di jantung kegiatan penciptaan pendapatan perusahaan. Apa yang harus muncul dalam rencana pemasaran strategis tertulis, yaitu: pernyataan misi, peran atau kontribusi, definisi bisnis, kompetensi inti, posisi unik dan berharga, dan indikasi masa depan di pasar yang dipilih.

Sedang komponen rencana pemasaran meliputi: ringkasan eksekutif, situasi pemasaran saat ini yang terdiri dari: situasi pasar, situasi produk, situasi pesaing, situasi lingkungan makro, analisis peluang/ancaman, analisis kekuatan/kelemahan, dan analisis masalah. (*/dari berbagai sumber)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/13160-mengenal-seluk-beluk-rencana-pemasaran.html

No comments:

Post a Comment