Monday, December 12, 2011

Bagaimana Membangun Merek Baru ala Donald Trump

Views :630 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 12 Desember 2011 14:01
donald_trumpUntuk membangun merek, Anda haruskan untuk mengembangkan strategi merek. Karena Anda membangun merek baru, kanvas masih kosong sehingga pilihan utama Anda ialah menentukan pasar sasaran dan penempatan merek. Karena pelanggan yang dibidik mungkin tidak mengetahui Anda, Anda membutuhkan tekanan yang lebih besar pada konten dan penentuan waktu komunikasi merek Anda.

Bila Anda tengah kebingungan bagaimana langkah yang harus diambil untuk membangun merek dengan lebih baik, uraian berikut ini bisa jadi adalah jawaban untuk itu.

Langkah 1:Pahami pelanggan Anda
Seperti biasa, upaya membangun merek dimulai dengan secara menyeluruh memahami pelanggan Anda, mengapa dan bagaimana mereka membeli dan apa keuntungan yang mereka dapatkan. Jika Anda adalah seorang entrepreneur yang memulai sebuah perusahaan untuk jasa konsultan perkawinan. Anda harus berbicara dengan konsumen potensial dan temukan apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka sukai atau benci tentang jasa yang Anda tawarkan.

Langkah 2: Evaluasi produk atau jasa Anda
Apa yang produk atau jasa Anda lakukan dengan baik? Apakah ia memberikan manfaat yang dikehendaki pelanggan potensial? Apakah Anda memiliki keuntungan kompetitif yang memungkinkan Anda untuk melakukan keuntungan tersebut?
Jika Anda tidak menemukan keuntungan kompetitif, Anda seharusnya mungkin tidak mencoba untuk menjual produk atau jasa tertentu kepada pelanggan dalam pasar tertentu. Sebuah produk atau jasa tanpa keuntungan kompetitif (dan dengan demikian tidak memiliki keuntungan man

Langkah 3: Pilih pasar yang akan dibidik
Pasar yang dibidik oleh Anda ialah para pelanggan potensial yang menjadi fokus upaya pembangunan merek Anda. Anda bisa memilih berdasarkan kemampuan relatif anda untuk memenangkan hati konsumen ini dan berfokus pada daya tarik pasar sehubungan dengan penghasilan, laba atau arus kas dan kemudian mengembangkan posisi merek yang Anda yakini akan menarik konsumen.


Langkah 4: Tentukan posisi merek yang Anda hendaki
Setelah memilih pasar yang menjadi target, Anda bisa, menentukan posisi merek yang lebih sesuai.Untuk itu And aharus lebih jeli mengamati dan meneliti medan pertempuran.

Langkah 5: Desain dan impelementasikan strategi komunikasi Anda
Umumnya akan lebih mudah untuk membangun merek lebih awal daripada kemudian. Semakin lama Anda menunggu, semakin tinggi peluang Anda berbenturan dengan pesaing yang memiliki posisi merek serupa dan semakin tinggi peluang Anda untuk menemukan pelanggan yang tak lagi tertarik dengan produk atau jasa yang Anda miliki.(*Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/bina-usaha/49-rencana-bisnis/13408-bagaimana-membangun-merek-baru-ala-donald-trump.html

No comments:

Post a Comment