Friday, December 2, 2011

Langkah-langkah Membuka Warung Makan

Views :325 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 02 Desember 2011 11:25
warung_makan1211Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Sebab, selama manusia masih ada bisnis ini akan tetap ada.

Warung makan merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa Anda tangkap dari kebutuhan di atas. Meski saat ini telah banyak warung makan yang beroperasi, bukan berarti peluang bisnis ini tertutup bagi Anda.

Untuk membuka warung makan terdapat beberapa hal yang harus disiapkan. Berikut beberapa hal yang perlu dikerjakan sebelum membuka warung makan:

1. Pemilihan lokasi

Usahakan di lingkungan yang dekat dengan keramaian seperti perkantoran, sekolah, kampus, pabrik, dan sebagainya. Dengan lokasi yang ramai, otomatis Anda berpeluang mendapatkan konsumen.

2. Menentukan menu masakan

Menu masakan bisa dikelompokkan menjadi menu khusus atau umum . Mau berjualan khusus seperti pecel lele, nasi goreng, sate dan gule, atau menu campuran. Apabila ingin membuka warung dengan menu khusus, tentunya harus mencari pasar yang lebih luas, karena tidak semua orang suka menu tersebut. Dengan menyediakan menu beragam, setiap orang bisa menjadi pelanggan.

3. Karyawan

Ciri khas sebuah warung ialah yang menjadi tukang masaknya. Carilah tukang masak yang memiliki cita rasa tinggi. Negosiasikan gaji yang diinginkan. Berilah insentif bila penjualan mencapai target agar karyawan Anda betah.

4. Perabotan dan interior

Dekorasi warung akan memberikan kesan kepada konsumen. Apakah mau didesain konvensional dengan etalase dan meja memanjang. Bisa juga dengan meja kecil berhadapan atau lesehan. Sesuaikan dengan kondisi lingkungan. Piring, gelas dan sendok memiliki nilai tersendiri. Pemilihan yang tepat akan menambah kenyamanan konsumen.

5. Jadwal kerja

Membuka usaha warung makan memang sedikit rumit. Pagi hari harus sudah belanja dan memasak. Bisa jadi siang hari akan menambah masakan atau menghangatkan masakan. Tentunya karyawan akan merasakan kelelahan. Bila kondisi ini terjadi, perlu dipikirkan untuk penjadwalan kerja karyawan.

Setiap bisnis tentu memiliki risiko. Bisnis warung makan juga berisiko tidak laku dan masakan menjadi basi. Sebagai pengelola warung, tentunya perlu mengetahui kapan ramai dan sepinya warung. Dengan strategi semacam itu diharapkan bisnis warung makan Anda akan sukses.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/122-peluang-bisnis-perempuan/13191-langkah-langkah-membuka-warung-makan.html

1 comment: