Friday, December 30, 2011

3 Buku Rekomendasi Bacaan Entrepreneur

Views :832 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 30 Desember 2011 16:07

Linchpin: Are You Indispensable?  – Seth Godin

Dulu ada dua tim dalam setiap perusahaan: manajemen dan SDM. Kini ada tim ketiga, linchpins. Linchpins menemukan, memimpin (tak peduli jabatannya apa), mewujudkan impian dan memanfaatkan peluang dari kekacauan yang terjadi.

Mereka memikirkan jalan keluar saat tidak ditemui sebuah petunjuk pun. Mereka bersukacita dan menantang pelanggan dan rekan-rekannya. Mereka mencintai pekerjaannya, mencurahkan hati dan tenaganya dan mengubah setiap hari menjadi sebuah waktu yang penuh dengan seni.

Linchpins merupakan komponen pembangunan penting dari sebuah perusahaan atau organisasi besar. Seperti sebuah komponen dalam mesin besar, mungkin ia kecil dan dianggap tak penting namun jika tidak ada bisa mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Dan di masa modern seperti sekarang, mereka inilah yang memiliki pekerjaan paling mengasyikkan dan paling banyak menawarkan kebebasan. Pernahkah Anda menemukan jalan pintas yang tidak ditemukan orang lain? Pernahkah Anda menemukan cara baru untuk memecahkan konflik? Pernahkah membuat koneksi dengan seseorang yang tidak bisa didekati oleh orang lain? Bahkan sekalipun? Lalu Anda memiliki apa yang dibutuhkan untuk menjadi seseorang yang tak tergantikan. Yaitu dengan mengatasi resistensi yang menahan orang untuk bergerak maju.



Delivering Happiness: A Path to Profits, Passion, and Purpose – Tony Hsieh

Tony Hsieh ialah CEO Zappos.com yang juga lulusan Harvard University dalam bidang Computer Science dan di dalam buku ini ia mengemukakan beberapa poin yang menarik untuk dipelajari entrepreneur seperti Anda. Di dalam buku ini, Hsieh menjelaskan standar operasional Zappos:
* memberikan uang tunai sebesar 2000 dollar pada pegawai barunya agar berhenti
* menyerahkan tanggung jawab pelayanan konsumen kepada semua karyawan perusahaan , bukan hanya pada satu departemen tersendiri
* Fokus pada budaya perusahaan sebagai prioritas nomor satu
* menerapkan penelitian dari sains kebahagiaan dalam pengelolaan bisnis
* membantu pegawai untuk tumbuh baik secara profesional dan personal
* bertujuan mengubah dunia
Dan tentunya mencetak untung pula.
Terdengar gila bukan? Kemungkinan besar Anda tak akan menemukannya di banyak perusahaan lain kecuali di Zappos. Mungkin inilah rahasianya Zappos sanggup menjadi peritel online yang meraup untung hingga 1 miliar dollar AS dalam hal penjualan barang per tahun.

Setelah berhasil menyabet penghargaan tahunan dari majalah Fortune yang mengangkat Zappos sebagai perusahaan pendatang baru yang mampu meraih peringkat tertinggi dalam daftar “Perusahaan Terbaik untuk Bekerja” di tahun 2009, Zappos diakuisis oleh Amazon dalam sebuah perjanjian yang nilainya lebih dari 1,2 miliar dollar AS.

Dalam buku “DELIVERING HAPPINESS”, Tony Hsieh berbagi pelajaran yang berbeda dalam kehidupan dan bisnis, dari memulai peternakan ulat hingga penjualan pizza melalui LinkExchange, Zappo  dan sebagainya. “delivering Happiness” menunjukkan bagaimana sebuah budaya perusahaan yang berbeda ialah model yang kokoh untuk mencapai keberhasilan dan bagaimana berkonsentrasi pada kebahagiaan mereka yang berada di sekitar Anda, Anda bisa secara dramatis menambah milik Anda sendiri.

Rework – Jason Fried & David Heinemeier Hansson

Sebagian besar buku bisnis memberikan Anda nasihat yang serupa yaitu menulis rencana bisnis, mempelajari persaingan, mencari investor, dan sebagainya. Jika Anda sedang mencari buku yang lebih dari sekadar buku tersebut, Anda bisa membaca ini.

“Rework” menujukkan Anda cara yang lebih baik, lebih cepat dan lebih mudah untuk berhasil dalam bisnis. Bacalah buku ini dan Anda akan mengetahui rencana-rencana apa yang sebenarnya akan berhasil dan berbahaya bagi perkembangan bisnis secara keseluruhan, mengapa Anda bisa terus berkembang meski tanpa adanya dukungan investor, dan mengapa Anda lebih baik mengabaikan persaingan. Yang sebenarnya ialah Anda membutuhkan lebih sedikit daripada yang Anda pikirkan. Anda tidak perlu menjadi pecandu kerja. Anda tak perlu terlalu membanting tulang. Anda tidak perlu membuang waktu untuk menyiapkan dokumen atau rapat. Anda bahkan tidak perlu memiliki sebuah kantor. Semua itu hanya alasan untuk tidak memulai berbisnis sendiri.

Apa yang sebenarnya Anda butuhkan ialah berhenti berbicara dan mulai bekerja. Buku ini menunjukkan Anda caranya. Anda akan belajar bagaimana lebih produktif, bagaimana Anda mendapatkan publikasi tanpa harus mengeluarkan uang dan banyak lagi ide-ide kontraproduktif yang akan menginspirasi dan memprovokasi.(*Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/9-core-page/13837-3-buku-rekomendasi-bacaan-entrepreneur-.html

No comments:

Post a Comment