Friday, December 30, 2011

Untung dan Rugi Menjadi Mompreneur

Views :2227 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 30 Desember 2011 16:45
MompreneurMompreneur berasal dari dua kata, yakni 'mommy' yang berarti ibu dan entrepreneur yang berarti wirausahawan/wati. Secara harfiah, mompreneur mengacu pada ibu yang mempunyai dan mengelola bisnisnya sendiri.

Dalih umum yang menjadikan ibu rumah tangga atau perempuan pekerja memilih menjadi mompreneur adalah ingin meluangkan lebih banyak waktu untuk sang buah hati dan keluarga sembari tetap menghasilkan pendapatan untuk membantu perekonomian rumah tangga.

Bagi Anda yang ingin menjadi mompreneur, simak terlebih dahulu keuntungan serta kerugian dari profesi tersebut berikut ini.

Keuntungan
  1. Menambah penghasilan rumah tangga.
  2. Memiliki penghasilan sendiri sehingga tidak bergantung pada suami untuk memenuhi kebutuhan keseharian, pribadi atau kebutuhan sang buah hati.
  3. Mengembangkan kreativitas dan talenta untuk berinovasi.
  4. Memperluas relasi dan pergaulan.
  5. Menambah wawasan dan pengetahuan yang sebelumnya tidak diketahui.
  6. Menyalurkan hobi.

Kerugian
  1. Memerlukan pengorbanan ekstra seperti banyak energi, pikiran, kesabaran dan juga waktu untuk keluarga.
  2. Menambah kesibukan karena harus membagi perhatian antara mengurus rumah tangga dengan mengurus bisnis. Kemungkinan terburuk yang bisa saja timbul adalah tak bisa membagi waktu sehingga kerap kali benturan antara kepentingan rumah tangga dan kepentingan bisnis terjadi.
  3. Timbulnya perselisihan antara Anda dengan suami atau dengan anak-anak.
  4. Berkurangnya waktu untuk bersosialisasi dengan sanak keluarga lain atau dengan teman dan kerabat dekat.

Keuntungan serta kerugian menjadi mompreneur di atas hanyalah sekedar asumsi akan apa yang biasanya terjadi ketika merintis bisnis pertama kali. Namun yakinlah, bila Anda memiliki passion yang kuat, segalanya bisa teratasi dengan baik. Selamat berwirausaha! (*/ely)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/122-peluang-bisnis-perempuan/13840-untung-dan-rugi-menjadi-mompreneur.html#comment-1611

No comments:

Post a Comment