Thursday, December 15, 2011

Sektor-sektor Energi Terbarukan Potensial di 2012

Views :309 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 15 Desember 2011 13:26
windfarmSelalu ada potensi yang belum tergarap di Indonesia. Terdapat beberapa sektor bisnis baru yang digandrungi dan yang sesuai dengan tren terkini yang lebih mempedulikan lingkungan, makin banyak peluang yang bisa ditemukan dalam sektor energi terbarukan, bioteknologi dan ramah lingkungan (juga disebut sebagai energi alternatif atau yang berkelanjutan).

Kini kita membahas peluang di sektor energi terbarukan. Jika didefinisikan, energi terbarukan ialah sumber apapun yang bisa dihasilkan dengan cara atau metode yang relatif lebih bersih. Sektor teknologi hijau makin menujukkan tren positif akhir-akhir ini. Dan tahun depan, pertambahannya akan lebih tajam.

Berikut adalah beberapa jenis sektor pembangkit energi yang terbarukan yang bisa Anda lirik di tahun depan:

Tenaga surya
Sel surya memproduksi listrik dari sinar matahari. Efisiensi konversi sel silikon bertambah dari 4% di awal dekade 80-an hingga menembus 20% untuk teknologi terkini. Sel-sel ini relatif tidak menimbulkan polusi saat mereka menghasilkan listrik. Sel-sel ini memang belum bisa menyaingi efisiensi pembangkit listrik  tenaga batubara tetapi yang harus diingat adalah biaya yang dikeluarkan terus menurun sementara efisiensi terus bertambah.

Tenaga angin
Teknologi turbin terkini menghasilkan energi yang dihasilkan dari angin. Kini turbin menjadi lebih efisien dalam biaya dan lebih banyak tersebar di mana-mana. Pengembangan energi angin baru bersaing dalam hal biaya dengan teknologi energi konvensional.

Tenaga air
Teknologi ini bersih tetapi terbatas oleh kondisi geografis. Ini juga sudah dianggap sebagai sumber energi penting listrik terbarukan. Kini lebih banyak perhatian tercurahkan untuk tenaga air yang skalanya lebih kecil dan tidak menggunakan aliran sungai. Ini lebih banyak dicari karena relatif tidak menimbulkan banyak masalah-masalah ekologis seperti yang ditimbulkan oleh bendungan-bendungan yang sudah banyak dibangun sebelumnya.

Tenaga air laut
Pakar teknologi meramalkan bahwa gerak gelombang, arus gerakan pasang surut dan suhu air laut yang berfluktuasi akan menjadi sumber pembangkit energi terbarukan yang bersih. Energi air laut memiliki manfaat besar karena terjadinya arus dan pasang surut bisa diprediksi dan dimengerti polanya.

Tenaga panas bumi
Sumber energi jenis ini relatif lebih banyak ditemui di Indonesia yang terkenal dalam wilayah Cincin Api yang menjadi jalur gunung berapi teraktif di dunia. Uap air yang dihasilkan oleh energi panas dari dalam bumi digunakan untuk memutar turbin untuk menghasilkan energi listrik.


Tenaga biomassa
Tenaga jenis ini adalah kategori yang sangat luas karena meliputi sejumlah variasi bahan bakar yang dihasilkan dari sumber-sumber biologis.


Tenaga bio-diesel
Bio-diesel bisa diciptakan dari minyak kelapa atau yang sudah digunakan memasak. Produksi dan pengujian tenaga biodiesel kini baru berkisar pada minyak rapeseed, kedelai, jarak, biji bunga matahari. Secara umum, biodiesel bekerja lebih bersih daripada bahan bakar dari minyak bumi.

Ethanol
Ethanol berasal dari produk agrikultur, termasuk jagung, gandum, buah, anggur, dan berbagai macam batang berserat selulosa dan kepingan kayu. Tekniknya semakin baik dan efisien. Ethanol bisa dicampur dengan minyak bumi untuk menekan tingkat kerusakan mesin.


Tenaga sampah (gas metana)
Gas metana yang dikeluarkan dari tumpukan sampah, pembuatan minuman fermentasi, air limbah, kotoran ternak dan tambang batubara memberikan bahan bakar yang hampir cuma-cuma untuk sel-sel bahan bakar penggerak dan generator gas konvensional.


Tenaga hidrogen
Tenaga hidrogen ialah bahan bakar alternatif yang ideal karena mampu melepaskan sangat sedikit racun ke atmosfer. Tenaga ini bisa diperoleh dari gas sampah, atau tercampur dengan gas alam dalam bahan bakar hybrid. Hidrogen cair, bentuk hidrogen yang lebih disukai, masih membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih baik dan tekanan tertentu daripada bahan bakar lainnya.

Terdapat banyak teknologi lainnya yang bisa dimasukkan dalam kategori ini. beberapa di antaranya ialah sampah rumah tangga yang bisa dibakar dan bahkan energi nuklir. Ini tumpang tindih antara kategori hijau dan kategori ini, karena ia masih berhubungan dengan pemanasan global dan dampak lingkungan.

Meski begitu, jika Anda mencari sektor usaha yang menjanjikan untuk membantu Anda bertahan dari hantaman krisis global yang masih belum berakhir, mungkin sektor ini akan membantu Anda mencapai prestasi yang lebih baik di tahun 2012. (*image credit:
gbengrp.blogspot.com/Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/48-peluang-/13471-sektor-sektor-energi-terbarukan-potensial-di-2012.html

No comments:

Post a Comment