Tuesday, December 20, 2011

Strategi Berjejaring Sosial untuk Bisnis


Views :257 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 20 Desember 2011 13:23
jejering_sosSeolah tampak di sekeliling Anda, selalu muncul artikel blog yang baru, tweet, berita mengenai jejaring sosial. Jika seorang entrepreneur tidak mengetahui dengan baik, mungkin bisa saja dianggapnya bahwa berinteraksi dengan online melalui jejaring sosial ialah satu-satunya cara termudah untuk berhubungan dengan orang.

Jejaring sosial ialah alat yang menakjubkan dan bisa membuat perbedaan yang signifikan terhadap bisnis Anda, entah itu yang berbasis online atau memiliki wujud fisik di dunia nyata. Namun itu bukan satu-satunya cara untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Membangun hubungan dengan gaya lama yang melibatkan tatap muka ialah norma pertama dalam berjejaring sosial dahulu. Dan masih dianggap sebagai cara berinteraksi terbaik untuk bisa menemui dan melibatkan pelanggan, sesama rekan, sosok pemimpin dalam bidang industri tertentu, dan prospek. Apa yang menarik ialah bahwa banyak dari peraturan jejaring sosial bisa diterapkan pada upaya berjejaring secara langsung dan personal. Berikut ialah sejumlah hasilnya:

Memaksa tak akan berhasil
Di dunia maya, saat membangun jejaring, sikap memaksa dan tidak sabaran akan berimbas negatif pada kredibilitas kita. Bayangkan seorang fan di laman Facebook yang begitu klik tombol LIKE , tak segan-segan untuk menghiasi semua kotak komentar dengan sebuah tautan yang menuju ke situsnya. Tak hanya sekali dua kali, hal ini bisa dilakukan sering dan membabi buta. Semua pemilik laman Facebook tak akan menyukai hal ini, tetapi perilaku dan sikap semacam ini juga tidak akan membawa hasil pada para pengikut atau fans, karena begitu jelasnya terlihat keegoisan dan sikap memaksa tadi.

Hal yang sama juga berlaku di dunia nyata, yang sering berupa keadaan di mana seseorang menyodorkan kartu nama di depan wajah Anda begitu mereka menemui Anda. Jika Anda tertarik pada upaya penjualan diri dan produk atau jasa Anda, Anda hanya akan membuat orang menjauh. Anda mungkin tidak akan dilarang mengunjungi sebuah acara berjejaring  karena Anda bisa saja fan di laman Facebooknya. Tetapi di sana, Anda hanya akan berakhir mencemarkan nama perusahaan Anda daripada membangun relasi.

Jadilah sumber yang bisa dipercaya
Salah satu cara terbaik untuk membangun  jejaring dan melibatkan penggemar dalam situs jejaring sosial ialah dengan menjadi sumber yang bisa dipercaya. Berbagilah konten yang menarik, relevan, dari orang lain dalam komunitas atau di tempat lain dan menjawab pertanyaan ialah beberapa cara yang dilakukan praktisi jejaring sosial profesional  untuk mengembangkan basis pengikut yang kuat.

Saat berjejaring secara tatap muka langsung, metode yang sama bisa digunakan. Dekati setiap orang yang Anda temui dengan sikap “Bagaimana saya bisa membantu Anda?”. Temukan apa yang orang harapkan Ana bisa bantu atau perlu diketahui dan fasilitasilah hal itu. Anda akan meneguhkan reputasi pribadi sebagai seseorang yang bisa diandalkan dalam komunitas Anda dan saat orang-orang di sekitar Anda akan membeli sesuatu, Andalah yang pertama kali mereka hendak temui.

Fokuslah pada orang lain
Ini hampir mirip dengan poin sebelumnya. Tetapi bedanya poin ini lebih dari sekadar sosok yang bisa diandalkan. Di samping berbagi konten dan menjawab pertanyaan, sebuah strategi yang efektif dalam jejaring sosial ialah dengan menjangkau orang lain untuk menawarkan keahlian dan bantuan, untuk berbagi konten orang lain, bahkan jika konten itu kurang relevan dengan bisnis yang Anda miliki.

Mempromosikan bisnis orang lain bisa jadi sangat berdampak ositif dan menjadi cara yang efisien untuk menjangkau lebih banyak audiens dan membangun ikatan yang kuat dan kokoh dengan para pelaku industri di sektor lainnya.

Anda bisa menjadi orang seperti ini juga. Jika Anda amati, dalam sebuah acara berkumpulnya pebisnis, biasanya ada satu atau sebagian orang yang memiliki banyak kartu nama dari orang lain. Bila Anda menanyakan Anda sedang mencari sebuah penerbitan yang bagus dan ia seketika itu juga mengeluarkan sebuah kartu nama yang berasal dari orang yang kredibel dalam industri penerbitan. Manfaat dengan menjadi orang semacam ini adalah semakin banyak orang yang ignin mengetahui apa yang Anda kerjakan. (*/Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/13585-membawa-hubungan-online-di-jejaring-sosial-ke-dunia-nyata.html

No comments:

Post a Comment