Wednesday, December 21, 2011

7 Pelajaran Sukses Donald Trump

Views :446 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 21 Desember 2011 14:01
donald_t1111Bagi kebanyakan orang, Donald Trump dipandang sebagai salah satu sosok entrepreneur dan pengembang real estate paling berhasil dewasa ini. Trump tak hanya berprofesi sebagai entrepreneur, tetapi juga penulis, sosialita dan bintang televisi. Ia merupakan pimpinan dan CEO Trump Organization.

Donald juga pendiri Trump Entertainment Resorts, sebuah perusahaan yang menjalankan sejumlah kasino dan hotel di seluruh dunia. Gaya hidup Trump yang mewah dan kepribadiannya yang jenaka membuatnya terkenal dan kini memiliki pertunjukan TV sendiri berjudul “The Apprentice” yang secara otomatis meneguhkan reputasinya.

Kini kita coba untuk menggali tujuh hal yang bisa kita pelajari dari Donald Trump. Setiap orang yang bisa meraih kesuksesan sebesar itu patut untuk menjadi inspirasi.

Fokus pada masa kini
“I try to learn from the past, but I plan for the future by focusing exclusively on the present. That's were the fun is.”

Trump selalu mencoba untuk belajar dari masa lalu tetapi ia mengaku untuk meencanakan masa depan dengan berfokus pada masa kini. Menurutnya, itulah hal paling menyenangkan.

Kemarin terkubur, dan esok belum datang. Kemajuan satu-satunya yang bisa dicapai menuju sukses harus dilaksanakan sejak sekarang sehingga kita fokuskan semua energi pada pengarahan momen sekarang seproduktif mungkin.

Gagal ke depan
“Sometimes by losing a battle you find a new way to win the war.”

Jangan pernah takut atau segan menghadapi kegagalan. Kegagalan ialah jalan menuju sukses. Jika pertama kali Anda tidak berhasil maka itu bukan sesuatu yang mengherankan.  Keberhasilan memerlukan waktu dan dibutuhkan kegagalan melalui proses kegagalan Anda akan menemukan cara untuk berhasil. Jangan takut untuk gagal, takutlah jika Anda tidak berusaha hingga maksimal.

Berpikir besar
“As long as you’re going to be thinking anyway, think big.”

Dibutuhkan pemikiran besar agar bisa menjadi seseorang dengan prestasi besar. Rencanakan hal-hal besar dalam kehidupan Anda. Jangan khawatir karena akan selalu ada ruang dan waktu bagi seseorang dengan pemikiran yang lebih besar daripada egonya. Tinggalkan pemikiran kerdil, biarkan mereka yang berpikiran kecil memilikinya dan hanya meraih prestasi-prestasi kecil. Keberhasilan dimulai dengan pemikiran yang besar.

Tekuni hal yang Anda cintai
“If you're interested in 'balancing' work and pleasure, stop trying to balance them. Instead make your work more pleasurable.”

Kita semua tak akan pernah tahu berapa lama kita masih bisa hidup di dunia, dan alangkah sia-sianya hidup jika kita melakukan hal yang tak kita sukai sepanjang sisa umur kita. Trump mengatakan, “Saya tidak berbisnis demi uangnya. Saya sudah menndapatkan jumlah yang memadai (untuk bertahan hidup), lebih dari yang saya butuhkan malah. Saya melakukannya, untuk melakukannya.” Apapun yang Anda lakukan, Anda harus lakukan,untuk melakukannya karena Anda hanya akan meraih sukses dengan melakukan hal yang Anda cintai.

Tetap bersikap positif
“What separates the winners from the losers is how a person reacts to each new twist of fate.”

Tak ada yang lebih konstan daripada “perubahan”. Apa yang bisa diterapkan pada kasus orang lain belum pasti akan berhasil untuk kasus Anda. begitu juga dalam meraih keberhasilan. Tantangan yang belum tentu dihadapi orang lain, mungkin Anda harus hadapi. Apa yang membedakan pemenang dari pecundang ialah bahwa pemenang bereaksi secara positif terhadap tantangan yang tak terprediksi. Pemenang terus melewati halangan yang membuat orang lain berhenti dan menyerah.

Semangat ialah kekuatan
“Without passion you don’t have energy; without energy you have nothing.”

Komponen utama untuk keberhasilan ialah energi. Tak ada hal hebat yang bisa tercapai tanpa adanya energi membuncah yang bersumber dari semangat seseorang dan energi itu datang dari semangat atau passion. Selalu ikuti passion Anda dan Anda akan selalu memiliki energi untuk meraih impian Anda.

Pengalaman itu tak ternilai harganya
“Experience taught me a few things. One is to listen to your gut, no matter how good something sounds on paper. The second is that you're generally better off sticking with what you know. And the third is that sometimes your best investments are the ones you don't make.”

Anda membutuhkan pengalaman. Selalu ada hal-hal yang diajarkan oleh pengalaman, yang tak bisa Anda pelajari dari sumber lainnya. Jangan pernah meremehkan nilai kerja keras. Dengan pengalaman, datanglah pelajaran yang amat berharga yang akan memposisikan Anda menuju jalur yang tepat untuk mengarah ke keberhasilan. Diharapkan Anda mampu untuk mendapatkan sejumlah pandangan dari ide-ide inspiratif Donald Trump. (*/Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/13612-7-pelajaran-sukses-donald-trump.html

No comments:

Post a Comment