Friday, December 2, 2011

Irfan Affandi, Sang Pemilik Smart Print

Views :136 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 02 Desember 2011 10:54
Belakangan ini kian banyak bermunculan para entrepreneur muda dalam bidang digital printing. Sepak terjang mereka menakjubkan, bahkan keberhasilannya tak jauh dengan para pengusaha yang matang pengalaman. Walaupun kerap jatuh bangun di awal, tetapi kerap kali ide dan terobosan inovatif membuat usaha mereka melambung dalam waktu singkat.

digitalAmbil contoh, Irfan Affandi, pengusaha muda pemilik Smart Print di kawasan Airtawar, Padang, Sumatra Barat. Terobosannya, usaha percetakan, advertising, merchandising dan IT solution ini menghasilkan produk berkualitas dan pelayanan yang cepat.

”Awalnya saya buka usaha ini sejak 2008 dan usai tamat kuliah. Karena saya melihat sebuah peluang yang cerah dan potensi besar dalam bidang digital printing. Apalagi, terus berkembangnya teknologi dan informasi,” kata Irfan seperti dikutip dari Padang Ekspres, baru-baru ini.

Awalnya, kata Irfan, usaha yang dijalankannya ini bekerja sama dengan sebuah merek dagang di Surabaya, Smart2Print. Namun, seiring berjalannya waktu dan beberapa hal, ia pun memtuskan mengakhiri kerja sama dengan berdiri sendiri dengan merek Smart Print di awal 2010.

Seiring berjalan waktu, sebut Irfan, banyak hal yang baru ia pelajari, pahami, dan perbaiki. Bahkan, ia melakukan berbagai inovasi serta meningkatkan kualitas produk. ”Dengan demikian, saat ini Smart Print sudah memiliki 15 karyawan, dua unit mesin digital printing 3,2 m, 1 unit roland Vp540i, 1 unit mesin Indoor 1,5 m, HP Wide Format, 1 unit Cutting Stiker, 1 unit Press Kaos, 1 cool Laminating dan mesin PIN mug,” sebut Irfan.

Dengan dukungan karyawan berpengalaman serta peralatan canggih, sebut Irfan, mereka selalu berusaha menghasilkan produk yang berkualitas dan pelayanan yang cepat.  ”Sebagai buktinya, kami mendapatkan kepercayaan dari beberapa perusahaan lokal dan nasional untuk mengerjakan kebutuhan promosi dan marketing,” kata pria berusia  29 tahun ini.

Apa keunggulan Smart Print? Irfan menyebutkan kualitas terbaik. ”Pengalaman dan keahlian yang tinggi menghasilkan pelayanan dan produk dengan kualitas tinggi, quality control pada seluruh kegiatan produksi,” terangnya.

Keunggulan lainnya adalah cepat dan harga istimewa. Dengan proses produksi yang efisien akan mendapatkan produk yang tepat pada waktunya. ”Dan, untuk hasil terbaik sesuai permintaan konsumen akan mendapatkan harga bersaing,” ujar Irfan seraya menyebutkan produk yang dilayani all about printing, computer supplier, IT Solutions dan Event Organizer.

Irfan sejak mahasiswa telah memiliki naluri bisnis. Selama kuliah, ia belajar berbisnis kecil-kecilan. Begitu tamat kuliah, naluri bisnisnya semakin terasah. ”Dari tabungan hasil bisnis ketika kuliah saya jadikan modal membuka usaha ini,” imbuhnya.

Irfan membidik digital printing karena potensial. Dengan usaha digital printing dan IT ini, membuat jaringan Irfan semakin luas. ”Coba, kalau berusaha dengan orang lain atau pegawai negeri, belum tentu memiliki akses seluas itu,” katanya seraya mengatakan ilmu bisnisnya tersebut diperolehnya ketika kuliah di administrasi Bisnis.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/teknologi-informasi/13190-irfan-affandi-sang-pemilik-smart-print.html

No comments:

Post a Comment