Thursday, December 15, 2011

Syania A. Syamsudin, Raup Laba dari Hiasan Natal


Views :95 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 15 Desember 2011 10:32
Hari Natal kian dekat. Segenap umat Kristiani pun bersiap menyambut datangnya perayaan hari penuh kasih tersebut dengan membeli pernik Natal. Meski pesaing bisnis banyak, peluang usaha hiasan natal tetap menggiurkan.

hiasan_natal1211Tak hanya pohon cemara--baik asli maupun imitasi-- yang laris manis bak kacang goreng ketika Desember tiba. Aneka pernik dan hiasan pohon Natal pun kini kian dicari. Maklum, tren pernik Natal tiap tahun berganti. Alhasil, kocek para produsen pernik Natal pun kian tebal.

Tengok saja penjualan pernik Natal Syania A. Syamsudin, pemilik usaha Tasya Souvenir asal Klaten, Jawa Tengah ini mengaku menerima pesanan produk dengan omzet lebih dari Rp 30 juta pada Natal tahun ini. “Pendapatan tahun ini naik tiga kali lipat,” ujarnya seperti dikutip dari Surabaya Post.

Meski perekonomian agak lesu, tetap saja kebutuhan Natal diutamakan. Bahkan, pada bulan ini Syania sudah tidak menerima pesanan lagi. Sebab, semua pernik Natal yang dibuatnya merupakan buatan tangan. Makanya, dia tidak bisa mengerjakan terlalu banyak. “Pemesanannya sendiri sudah berlangsung sejak September,” ujarnya.

Beberapa produk pernik Natal yang dijual Syania misalnya lonceng. Ia menjualnya dengan harga grosir Rp 2.450 per buah. “Belinya minimal 50 biji,” tukasnya.

Jika sudah masuk toko, harga biasanya melonjak menjadi Rp 3.900 per buah. Tapi jika dipesan secara online, harganya Rp 4.150.  Ada lagi aneka produk hiasan yang dihargai Rp 15.800 sampai Rp 37.500.

Untuk memasarkan hasil produksinya, Syania menggandeng delapan agen yang tersebar di Jawa hingga luar Jawa. “Pemesannya tak hanya dari sini saja,” ujar Syania yang baru sekitar dua tahun menekuni bisnis ini.

Lantaran bukan barang yang kadaluarsa, barang bikinannya yang tak terjual masih bisa disimpan untuk Natal selanjutnya. “Tapi pada kenyataannya kami sudah banjir pesanan, jadi yang dibikin pasti habis terjual,” kata Syania.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/manufaktur/13460-syania-a-syamsudin-raup-laba-dari-hiasan-natal.html

1 comment: