Hits : 1397 |
Jumat, 30 Desember 2011 16:20 |
Pertemuan
untuk membahas, mengevaluasi serta membicarakan rencana bisnis di masa
depan penting bagi keberlangsungan usaha Anda. Namun sayangnya,
terkadang meeting itu tak berjalan sesuai harapan karena beberapa hal
sehingga solusi, jawaban atau planning di tahun mendatangpun tak kunjung diperoleh.
Agar meeting dengan partner bisnis,
klien, investor atau pegawai bisa berjalan dengan efektif, cobalah tips
yang dilansir dari laman eHow berikut.
1. Buat perencanaan awal sebelum
meeting diselenggarakan dengan menentukan siapa yang akan diundang dalam
pertemuan itu, apa tujuannya, apa topik pembahasan utama, informasi apa
saja yang bisa dipakai sebagai data dan lain sebagainya.
2. Buat tujuan spesifik dari
pertemuan itu. Jabarkan beberapa tujuan akhir dan diskusikan
tujuan-tujuan tersebut hingga mencapai tujuan terbaik yang bisa dicapai
bersama.
3. Buat agenda yang jelas dan rinci
fakta-fakta penting. Agenda yang detil akan membuat peserta meeting
benar-benar mengerti informasi penting yang akan disampaikan dan
komunikasi yang terjalin pun bisa berjalan efektif.
4. Distribusikan agenda ke para
anggota sebelum meeting terselenggara. Beri kesempatan bagi mereka untuk
mengajukan pertanyaan dan menawarkan sejumlah informasi atau data
penting yang berkaitan dengan agenda meeting.
5. Sambut para anggota meeting dan pastikan mereka semua memiliki print out agenda meeting yang telah Anda berikan sebelumnya.
6. Mulai meeting dengan cepat dan
tepat, pimpin meeting dengan jiwa seorang pemimpin yang kuat dan
berkharisma. Arahkan pembicaraan ke topik semula bila sudah melenceng
dari yang seharusnya. Tetap fokus pada tujuan meeting yang ingin
dicapai.
7. Bagi waktu untuk tiap topik
pembahasan dalam meeting. Bila meeting itu memiliki 3 poin penting untuk
dibahas dalam jangka waktu satu jam, sisihkan waktu selama 20 menit
untuk masing-masing poin.
8. Catat semua ide, sanggahan, informasi tambahan dan data lain yang timbul selama meeting berlangsung.
9. Buat notulen rapat dan sebarkan
kepada setiap anggota meeting agar mereka mengingat hasil dari pertemuan
tersebut sehingga bisa diterapkan sesuai dengan bidangnya
masing-masing. Tutup meeting dengan mengucapkan terima kasih atas
kontribusi semua pihak.
Selamat menerapkannya dan semoga sukses! (*/ely)
|
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/177-manajemen/13836-tips-menggelar-meeting-nan-efektif.html
No comments:
Post a Comment